Saat Staf Menko Polhukam RI Melakukan Kunjungan Kerja ke Kab. Solok, H. Gusmal Berharap Solusi dari Pemerintah Pusat Terkait Penanggulangan Covid-19

Staf Menko Polhukam RI bidang koordinasi pertahanan Negara melakukan kunjungan ke daerah Kabupaten Solok Provinsi Sumatera Barat, pada hari Rabu, 05 Agustus 2020, yang bertempat di Rumah Dinas Bupati Solok (Guest House) Arosuka.

Rombongan Staf Menko Polhukam RI yang berkunjung ke daerah Kabupaten Solok langsung disambut oleh Bupati Solok (H. Gusmal, SE, MM) dan Asisten Koor Bid Ekbangkesra (Medison, S.Sos, M.Si) serta Kepala SKPD Pemrintah Daerah Kab. Solok, rombongan Staf Menko Polhukam yang hadir di waktu kunjungan tersebut terdiri dari Kabid Dokhan 1/IV Hanneg (Kolonel Inf. Suteikno Suleman) dan Analisis Polhukam (Domaeld Putra, SH) serta Staf Kedeputian Bidkoor Hanneg (Sheila Wulandari, SE).

Bupati Solok H. Gusmal, SE, MM diawal sambutannya pada kesempatan tersebut, mengekspos profile dan potensi yang ada di daerah Kabupaten Solok.

Bacaan Lainnya

Setelah itu, Bupati Solok menjelaskan kepada Staf Menko Polhukam RI terkait dengan pelaksanaan penanggulangan penyebaran Covid-19 di daerah Kabupaten Solok, bahwa pemerintah daerah sudah melakukan semua perintah dan arahan dari pemerintah pusat.

“Pemerintah Kabupaten Solok dalam menanggulangi penyebaran dan penularan Covid-19 di daerah, tetap melibatkan seluruh unsur serta stakeholder yang ada untuk ikut berpartisipasi dalam proses penanggulangan non bencana alam yang telah ditetapkan oleh pemerintah pusat,” jelasnya.

Kemudian, Bupati juga menyampaikan terkait dengan ketahanan pangan untuk daerah Kabupaten Solok, sampai saat ini masih memadai.

“Dengan memasuki fase pola kehidupan baru (new normal), pemerintah Kabupaten Solok sudah menganjurkan seluruh masyarakat untuk kembali produktif demi menjaga kesejahteraan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan Covid-19,” tambahnya.

“Walaupun demikian, pemerintah Kabupaten Solok dalam pelaksanaan penanggulangan Covid-19 ini, masih tetap ada beberapa kendala yang dihadapi, untuk itu, kita berharap kepada perwakilan dari Staf Menko Polhukam RI, agar dapat menyampaikan ke pemerintah pusat terkait dengan solusi dalam menyelesaikan kendala yang dihadapi oleh Kabupaten Solok,” tutup Bupati Solok H. Gusmal, SE, MM.

Beriringan dengan itu, Kabid Dokhan 1/IV Hanneg (Kolonel Inf. Suteikno Suleman) dalam sambutannya mengatakan bahwa
kunjungan kerja ini adalah dalam rangka rapat koordinasi dengan Bupati serta seluruh unsur pemerintah daerah Kabupaten Solok dan Forkopimda dengan pokok bahasan tentang peran dan upaya pemerintah daerah dalam mengelola Sumber Daya Nasional (SDM, SDA/SDB, Sarprasi) potensi wilayah yang dimiliki guna menangani pandemi Covid-19 dan dampaknya, agar kondisi daerah dan ketahanan wilayah tetap stabil serta terjaga dengan baik, kemudian, saran dan masukan untuk perbaikan ke depannya.

“Selain itu, kegiatan ini juga merupakan salah satu langkah pemerintah pusat dalam mengusut perkembangan penanggulangan dan penanganan Covid-19 di wilayah Sumbar dengan mengambil sampel daerah Kabupaten Solok,” tambahnya.

“Kenapa dikatakan demikian? Karena Provinsi Sumatera Barat merupakan salah satu dari lima provinsi yang penanganan Covid-19 dinilai cukup berhasil dan efektif oleh Presiden RI,” ungkap Kolonel Inf. Suteikno Suleman

“Kemudian, dalam pelaksanaan penanggulan pandemi Covid-19 ini, selalu dimonitor oleh pemerintah pusat sejak dari awal bencana non alam ini terjadi,” paparnya.

Berdasarkan dari hasil monitoring yang dilakukan oleh pemerintah pusat tersebut, kita berharap nantinya Provinsi Sumatera Barat menjadi rujukan nasional bagi daerah lain dalam menanggulangi pandemi Covid-19.

“Selain itu, pemerintah Kabupaten Solok juga dinilai memiliki potensi pangan yang cukup baik dalam mengantisipasi kekurangan pangan saat masa pandemi berlangsung,” tutup Kabid Dokhan 1/IV Hanneg (Kolonel Inf. Suteikno Suleman).

Setelah mendengarkan sambutan dari Bupati Solok H. Gusmal, SE, MM dan  Kabid Dokhan 1/IV Hanneg Kolonel Inf. Suteikno Suleman, kegiatan dilanjutkan dengan presentasi terkait dengan usaha yang telah dilakukan oleh pemerintah daerah dalam menanggulangi wabah Covid-19 di Kabupaten Solok khususnya, persentasi dipaparkan oleh Asisten Koor Bidang Ekbangkesra (Medison, S.Sos, M.Si).

(Andar MK)

Pos terkait