Saat Jumpa Pers dengan Wartawan Kabupaten/Kota Solok, H. Gusmal Menyatakan Siap Menuju Sumbar 1

Bertempat di Ruang Solok Nan Indah kantor Bupati Solok, pemerintah daerah Kabupaten Solok melaksanakan kegiatan jumpa pers dengan para rekan-rekan wartawan (insan pers), pada hari Senin, 20 Juli 2020 dalam rangka mempererat serta merekat hubungan silahturahmi antara pemerintah dengan mitra kerja para insan pers Kabupaten Solok.

Acara jumpa pers tersebut dihadiri oleh Bupati Solok H. Gusmal, Dt. Rajo Lelo, SE, MM dan Sekda H. Aswirman, SE, MM serta Askoor Bidang Pemerintahan Edisar, SH, M.Hum, Kemudian didampingi langsung oleh Kabag Humas Syofiar Syam, S.Sos, M.Si serta jajaran dan dihadiri juga oleh Ketua PWI Kab. Solok Riswan Jaya, Ketua PWI Kota Solok Roni Natase dan pengurus F-Kuwas serta forum media lainnya dan para insan pers se-Kabupaten Solok.

Dalam rangka silahturahmi dengan insan pers, Askor Bidang Pemerintahan Edisar memimpin acara jumpa pers tersebut. Sebelum Bupati memberikan sambutannya, Edisar sedikit menyentil keberhasilan Pemkab Solok selama kepemimpinan H. Gusmal, Dt. Rajo Lelo, SE, MM Sebagai Bupati Solok dan H. Yulfadri Nurdin, SH sebagai Wakil Bupati Solok periode 2016-2021.

Bacaan Lainnya

“Dalam masa kepemimpinan H. Gusmal, Dt. Rajo Lelo telah berbuat banyak untuk kemajuan Kabupaten Solok dan sudah menerima beberapa penghargaan dari pemerintah pemerintah pusat, sesuai dengan Visi Misi, RPJMD 4 Pilar pembangunan Kabupaten Solok,” tuturnya.

Beriringan dengan itu Bupati Solok H. Gusmal, Dt. Rajo Lelo, SE, MM pada kesempatan jumpa pers tersebut mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada para insan media atas sumbangsihnya, baik dari penyampaian Informasi atas kinerja dan program pemerintah kepada seluruh masyarakat Kabupaten Solok melalui hasil karya tulisnya, maupun pemikiran, kritikan dan masukan terhadap pemerintah daerah, guna untuk kemajuan Kabupaten Solok.

“Pemerintah sangat butuh dorongan dan support dari para rekan-rekan wartawan, guna untuk melakukan percepatan pembangunan daerah, sesuai dengan visi misi 4 (empat) pilar pembangunan di kabupaten Solok selama periode masa kepemimpinan kita, yang hanya tinggal lebih kurang satu tahun lagi, untuk itu, saya berharap kepada rekan-rekan wartawan semuanya, sebagai mitra pemerintah untuk saling mengisi dan bersinergi serta bersama-sama membangun Kabupaten Solok ke depannya, kalau seandainya ada permasalahan, mari sama-sama kita carikan solusinya, karena tidak ada masalah yang tidak bisa diselesaikan, sesuai bak pepatah Minang juo ‘indak ado gadiang nan tak ratak dan Indak ado pulo kusuik nan indak salasai serta indak ado karueh nan tak bisa dipajanieh‘,” kata H. Gusmal.

“Kemudian dalam acara jumpa pers ini perlu juga disampaikan kepada rekan-rekan wartawan bahwa dalam pelaksanakan APBD Kabupaten Solok tahun 2019 telah dilakukan pengauditan oleh BPK RI, alhamdulillah atas kerja keras semua pihak, termasuk insan pers, pemerintah daerah Kabupaten Solok kembali memperoleh Opini Wajar Tanpa Pengecualian atau WTP untuk ke-3 (tiga) kalinya secara berturut turut, tentunya ini menjadi kebanggaan tersendiri oleh kita semua dalam perwujudan penyelenggaraan pemerintahan yang lebih baik di tahun keempat pelaksanaan RPJMD Kabupaten Solok periode 2016-2021,” jelasnya.

Selanjutnya, Bupati Solok H. Gusmal juga menyampaikan bahwa wujud nyata dari pengelolaan keuangan yang baik tercermin dalam pencapaian pilar-pilar pembangunan di Kabupaten Solok sampai dengan tahun 2019 ini, terutama pada pilar pembangunan di bidang pendidikan, rata-rata nilai sekolah di Kabupaten Solok meningkat dari angka 7,60% pada tahun 2018 menjadi 7,84% pada tahun 2019, kualitas pendidikan juga meningkat, hal ini dibuktikan dengan naiknya nilai rata-rata hasil ujian Sekolah, dimana di tingkat SD pada tahun 2018 nilai rata-rata ujian sebesar 70,62% meningkat pada tahun 2019 menjadi 73,68%. Sedangkan untuk tingkat SMP, nilai rata-rata nilai ujian pada tahun 2018 sebesar 48,71% meningkat menjadi 50,25% di tahun 2019, namun dengan adanya wabah pandemi Covid-19 sejak bulan Maret lalu, akibatnya sekolah-sekolah diliburkan, guna untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19 melalui siswa.

“Dalam penegasan proses belajar dan mengajar tersebut, Bupati Solok mengeluarkan Surat Edaran No. 420/907/Disdikpora-2020 tanggal 08 Juli 2020 tentang penyelenggaraan pembelajaran tahun ajaran 2020/2021 di masa pandemi Covid-19 akan dimulai pada tanggalanggal 13 Juli 2020 dan sistem pembelajaran tingkat SD s/d SLTA dilaksanakan secara daring dan luring serta pembelajaran PAUD, TK dimulai pada tanggal 01 Januari 2021 mendatang, kita berharap, semoga wabah Covid-19 ini cepat berakhir, sehingga proses belajar dan mengajar di daerah Kabupaten Solok kembali seperti biasa,” tambah Bupati.

Kemudian, untuk pembangunan di Bidang Kesehatan, kita fokus kepada Usia Harapan Hidup di Kabupaten Solok, kalau dilihat dari tahun 2018 terkait dengan usia harapan hidup berada di angka 67,95% meningkat pada tahun 2019 menjadi 68,34%.

Selanjutnya, untuk pembangunan bidang ekonomi kerakyatan, Kabupaten Solok secara signifikan telah mampu menekan angka pengangguran, dimana tahun 2018 tingkat pengangguran terbuka di Kabupaten Solok berada di angka 5,92% berhasil ditingkatkan 1,27% angka menjadi 4,65% di tahun 2019.

Dan dalam perwujudan kepemerintahan yang baik dan bersih ‘good and clean governance‘, pemerintah daerah juga terus mendorong peningkatan Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM). Peningkatan akuntabilitas kinerja instansi pemerintah dan pelaksanaan reformasi Birokrasi. Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) pada tahun 2018 adalah 3,14% dan telah meningkat menjadi 3,35% sampai dengan tahun 2019. Kemudian terhadap akuntabilitas kinerja instansi pemerintah tahun 2019 memperoleh predikat B dengan nilai 65,80%, naik 3,27% poin dimana tahun 2018 memperoleh nilai 62,53%, jelasnya.

“Dari prestasi-prestasi yang diraih oleh Pemkab Solok tersebut, tidak terlepas dari kerja keras pemerintah bersama insan pers dan pihak-pihak terkait lainnya, untuk itu, saya mengajak seluruh rekan-rekan wartawan, agar terus memberikan sumbangsihnya kepada pemerintah dan masyarakat, supaya Kabupaten Solok bersama masyarakatnya lebih maju dan sejahtera lagi untuk ke depannya,” tutup Bupati Solok H. Gusmal, Dt. Rajo Lelo, SE, MM.

Selanjutnya acara jumpa pers dilanjutkan dengan sesi tanya-jawab antara Bupati Solok dengan para insan pers. Dalam sesi tanya-jawab tersebut, para rekan-rekan wartawan mengucapkan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Bupati Solok H. Gusmal, Dt. Rajo Lelo, SE, MM sebagai pucuk pimpinan di kabupaten Solok atas prestasi dan kerja keras beliau dalam membangun serta memajukan daerah selama 4 (empat) tahun lebih dimasa kepemimpinannya.

Kemudian, para rekan wartawan juga mempertanyakan niat dan alasan Beliau untuk maju mencalonkan diri menuju Sumbar 1? Mendengar pertanyaan tersebut Bupati Solok H. Gusmal tersenyum manis seraya berkata, niat untuk maju di Pilgub Sumbar memang ada, alasannya, karena diminta dan dukung oleh para perantau Solok Raya (S3) dan diminta juga oleh tokoh-tokoh masyarakat pemangku jabatan adat Minangkabau di Sumatera Barat.

Untuk kesiapan dan keseriusan saya mencalonkan diri jadi Gubernur Sumbar sudah berada pada tahap 99%, karena untuk kendaraan politik sudah ada 2 (dua) partai, yakni Partai Golkar dan PDIP, tinggal satu lagi, saat ini sedang dalam tahapan lobian, maka dari itu, saya mohon doa restu serta dukungan dari rekan-rekan wartawan dan seluruh masyarakat Sumatera Barat, agar niat tulus dan keseriusan saya mencalonkan diri jadi Gubernur Sumbar, lancar dan diridhoi oleh Allah SWT hendaknya Aamin.

Mendengar jawaban dari Bupati Solok H. Gusmal tersebut, para rekan-rekan wartawan sangat berharap sekali, jikalau nantinya terpilih jadi gubernur Sumbar di Pilkada serentak tahun 2020 ini, maka berikanlah perubahan yang signifikan terhadap daerah Sumatera Barat, karena secara kwalitas dan kwantitas H. Gusmal, Dt. Rajo Lelo, SE, MM mampu memberikan perubahan itu kepada daerah dan masyarakat Sumatera Barat.

(Andar MK)

Pos terkait