Bupati Solok Sangat Mendukung Pelaksanaan Operasi Patuh Singgalang Demi Terwujudnya Kamseltibcarlantas yang Baik

Bupati Solok menghadiri pelaksanaan apel gelar pasukan Operasi Patuh Singgalang dalam rangka menciptakan Kamseltibcarlantas dan pencegahan penularan Covid-19 di wilayah hukum Polres Solok Arosuka, pada hari Kamis, 23 Juli 2020, yang bertempat di halaman Polres Solok Arosuka.

Pada kesempatan tersebut, selain Bupati Solok H. Gusmal, SE, MM, turut hadir juga Kadis Perhubungan Kabupaten Solok (M. Djoni) serta Kapolres Solok Arosuka AKBP Azhar Nugroho dan beberapa unsur forkopimda Kab. Solok lainnya.

Pada saat apel pasukan Operasi Patuh Singgalang tersebut, Kapolda Sumbar sebagai penanggung jawab Operasi Patuh Singgalang, dalam sambutannya melalui Kapolres Solok Arosuka AKBP Azhar Nugroho menjelaskan bahwa keamanan dan ketertiban merupakan salah satu kondisi dinamis di tengah-tengah masyarakat dan termasuk salah satu prasyaratan terselenggaranya proses pembangunan nasional.

Bacaan Lainnya

“Salah satu agar tercapainya tujuan pembangunan nasional yakni keberhasilan pelaksanaan tugas polri dalam menciptakan kamseltibcarlantas dengan sistem manajemen dan standar keberhasilan operasional kepolisian negara RI baik melaksanakan kegiatan kepolisian maupun operasi kepolisian yang dilaksanakan secara berkesinambungan terencana, sistematis, sinergis dan terkoordinasi dengan baik,” tambahnya.

Kemudian, AKBP Azhar Nugroho juga menjelaskan bahwa pelaksanaan Operasi Singgalang ini dilaksanakan selama 14 hari, mulai dari tanggal 23 Juli – 5 Agustus 2020, dengan tujuan terciptanya kamseltibcarlantas dan mencegah penularan Covid-19 serta menekan dan mengungkap terjadinya kasus curanmor di wilayah hukum Polres Solok Arosuka.

Selanjutnya Kapolda Sumbar melalui Kapolres Solok Arosuka AKBP Azhar Nugroho menyampaikan beberapa penekanan dalam menyukseskan pelaksanaan Operasi Patuh Singgalang, yang terdiri dari :

  1. Laksanakan deteksi dini, lidik dan pemetaan terhadap lokasi yang berpotensi terjadinya pelanggaran lalu lintas, kecelakaan, dan kemacetan serta lokasi penyebaran Covid-19.
  2. Laksanakan binluh pada semua masyarakat tentang pentingnya kamseltibcarlantas dan pencegahan Covid-19 serta waspada terhadap aksi curanmor.
  3. Pedomasi standar operasional dalam melaksnakaan tugas.
  4. Dalam melakukan tindakan hukum terhadap situasi dan kondisi masyarakat saat ini karna masih dalam pemulihan ekonomi akibat dari dampak pandemik Covid-19.
  5. Laksanakan Operasi Patuh singgalang 2020 ini dengan baik dan benar.
  6. Libatkan TNI dan dinas / instansi terkait dalam pelaksanaan operasi singgalang sesuai dengan peran dan fungsi masing-masing.
  7. Hindari sikap dan perilaku serta tindakan yang tidak sesuai dengan ketentuan peraturan yang dapat menyakiti hati masyarakat sehingga berdampak pada menurunnya kepercayaan masyarakat terhadap polri.
  8. Lakukan analisa dan evaluasi setiap selesai melakukan operasi agar operasi yang akan dilaksanakan pada hari berikutnya dapat berhasil lebih baik lagi, tutup AKBP Azhar Nugroho.

Sementara itu Bupati Solok H. Gusmal, SE, MM yang menyempatkan hadir saat acara pelaksanaan apel gelar pasukan Operasi Patuh Singgalang mengatakan bahwa sangat mendukung pelaksanaan kegiatan operasi singgalang tahun 2020 ini.

Bupati berharap dengan adanya kegiatan ini, semoga dapat mewujudkan kamseltibcarlantas yang baik serta meminimalisir penyebaran covid-19 dan kasus curanmor di wilayah hukum polres Solok Arosuka.

(Andar MK)

Pos terkait