Bupati Solok Hadiri dan Membuka Acara Sosialisasi Produk UMKM Kab. Solok

Pemerintah Kabupaten Solok melaksanakan acara sosialisasi pengenalan produk unggulan UMKM yang akan dikerjasamakan dalam pendistribusiannya melalui organisasi masyarakat Minang dan koperasi serta dengan rantau, pada hari Kamis, 23 Juli 2020, bertempat di rumah Dinas Bupati Solok (Guest House) Arosuka.

Acara sosialisasi tersebut, langsung dihadiri oleh Bupati Solok H.Gusmal, SE, MM dan Kepala Bagian Kerjasama Biro Kerjasama Pembangunan dan Rantau Prov Sumbar Aschari Cahyaditama, S.STP, M.Sc, Ph.D serta Ketua Dekranasda Ny. DesnaDefi Gusmal, SH, kemudian dihadiri juga oleh Kadis Koperasi, UKM, Perindustrian dan Perdagangan Kab.Solok, Eva Nasri, SE, MM dan Kabag Kerjasama Daerah Devi Pribadi, S. Sos serta para pelaku UMKM se-Kabupaten Solok.

Dalam acara sosialisasi produk unggulan UMKM tersebut, Kepala Dinas UKM, perindustrian dan perdagangan kabupaten Solok, Eva Nasri, SE, MM menerangkan bahwa Kegiatan bertujuan untuk mempromosikan produk-produk unggulan UMKM Kab. Solok, agar didistribusikan kepada masyarakat Minang beserta koperasi dan para perantau baik itu lokal, nasional maupun internasional.

Bacaan Lainnya

“Melalui data yang kami peroleh, jumlah UMKM yang tersebar di daerah Kabupaten Solok berjumlah lebih kurang 3000 UMKM, namun yang dapat hadir pada hari ini sekitar 40 UMKM saja,” tambahnya.

Selanjutnya, Eva Nasri juga menyampaikan bahwa salah satu yang menjadi permasalahan atau kendala di dalam pengelolaan produk UMKM ini adalah pemasaranya.

“Tambah lagi dengan adanya wabah Covid-19 yang melanda daerah kita sejak 5 (lima) bulan yang lalu, sehingga membuat UMKM kita tidak bergerak dan terkena dampak yang cukup serius akibat pandemi ini,” terangnya.

Terakhir, Eva Nasri melaporkan kepada seluruh peserta sosialisasi bahwa upaya untuk menambah link pemasaran produk UMKM, kita sudah melakukan kerja sama dengan aplikasi Bukalapak dalam hal untuk pemasaran produk-produk UMKM, namun jumlahnya dibatasi oleh pihak penyedia aplikasi Bukalapak, hanya diperbolehkan 5 (lima) produk saja untuk saat ini.

Kemudian, Bupati Solok H. Gusmal, SE, MM dalam arahannya mengucapkan terima kasih Kepada Biro Kerjasama Pembangunan dan Rantau provinsi Sumbar yang sudah menggagas kegiatan ini bekerja sama dengan Bagian Kerjasama daerah dan Dinas Koperindag Kab. Solok untuk membantu mempromosikan produk UMKM yang ada di daerah Kabupaten Solok.

Melalui kegiatan ini, diharapkan kepada para pelaku UMKM mempunyai optimisme yang tinggi dan harus bisa mencari pasar sendiri, agar perkembangan dan pemasaran produk UMKM kita cepat dalam pemasarannya, sehingga mampu meningkatkan ekonomi dan kesejahteraan pelaku UMKM itu sendiri khususnya.

“Diharapkan juga kepada para pelaku UMKM, agar dapat lebih memperhatikan lagi penampilan atau kemasan produk agar menambah daya tarik pembeli atau konsumen,” tambahnya.

Kemudian Bupati juga berpesan kepada para pelaku UMKM, agar produk-produk yang akan di distribusikan tersebut, berkualitas unggul agar bisa bersaing dengan kompetitor lain serta kualitas rasa harus diperhatikan juga dan untuk masalah jangan terlalu mahal dari produk lain.

Terakhir, Bupati Solok H. Gusmal berharap Sosialisasi yang dilaksanakan pada hari ini dapat ditindaklanjuti oleh Dinas Koperindag dan bagian KSD, agar permasalahan pemasaran produk UMKM kita cepat teratasi sebagaimana mestinya.

Setelah pembukaan acara oleh Bupati Solok H. Gusmal, maka acara dilanjutkan dengan sosialisasi oleh Kabiro kerja sama pembangunan dan rantau provinsi Sumbar

selanjutnya Bupati Solok didampingi Kabiro kerja sama pembangunan dan rantau provinsi Sumbar, Ketua Dekranasda, Kadis Koperindag dan Kabag KSD meninjau langsung produk-produk UMKM yang dibawa peserta sosialisasi.

(Andar MK)

Pos terkait