Bupati Solok dan Jajaran Laksanakan Shalat Gerhana Matahari di Masjid Islamic Center

Bupati Solok beserta jajaran Pemkab Solok melaksanakan Shalat Gerhana matahari di masjid Islamic Center, pada hari Minggu, 21 Juni 2020, yang bertempat di dalam ruangan Masjid Islamic Center Koto Baru Solok.

Dalam kegiatan Shalat Gerhana matahari tersebut langsung diikuti oleh Bupati Solok H. Gusmal, SE, MM dan Sekda H. Aswirman, SE, MM serta Askor Eksbang Kesra Medison, kemudian dihadiri juga oleh SKPD di lingkup Pemkab Solok, Kemenag Kabupaten Solok dan Penceramah Ustadz Jhoni Nasri dari Padang Panjang serta Imam Fuadi Nawawi.

Pada kesempatan tersebut Bupati Solok H. Gusmal, SE, MM datang paling awal dalam pelaksanaan shalat gerhana matahari dan sambil menunggu jema’ah untuk laksanakan Shalat Zuhur dan Shalat Gerhana Matahari dengan mengikuti protokol kesehatan di masa pandemi COVID-19.

Bacaan Lainnya

Saat itu Bupati mengatakan sudah lama tidak sholat di Masjid Islamic Center koto baru. Beliau mengaku rindu dan gembira sekali untuk melaksanakan shalat bersama dan berkumpul kembali dengan masyarakat dalam ruangan masjid, demi untuk lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT.

“Sekarang ini kita hidup tidak seperti dulu lagi, yang bebas semau kita, Tetapi disaat pandemi yang mewabah ini kita harus hidup dengan cara baru atau normal baru yang disebut dengan (new normal) sesuai anjuran pemerintah tetap melaksanakan protokol kesehatan,” katanya.

Kemudian H. Gusmal juga menjelaskan bahwa jema’ah sebelum memasuki masjid sudah menggunakan masker dan itu tertulis di pintu masjid. Mereka juga mencuci tangan dengan sabun yang sudah disiapkan oleh protap COVID-19.

Setelah itu Jama’ah menunaikan ibadah shalat zuhur sebelum shalat gerhana matahari dengan mengatur jarak saat melaksanakan ibadah, Dan Bupati juga menghimbau kepada seluruh jema’ah yang hadir agar menunaikan ibadah shalat gerhana sebanyak dua rakaat.

Selanjutnya, Imam Fuadi Nawawi dari Kemenag dan khatib Jhoni Nasri dari Padang panjang. Dimana saat khutbahnya menyampaikan keutamaan dari shalat gerhana, Dan dilanjutkan dengan berdoa bersama.

Kemenag Kabupaten Solok mengapresiasi Bupati Solok yang telah meluangkan waktunya untuk ikut melaksanakan shalat gerhana matahari bersama masyarakat sekitar, untuk shalat gerhana matahari ini sengaja tidak disebarluaskan kepada masyarakat.

“Kita dalam melaksanakan shalat gerhana ini tetap melaksanakan anjuran pemerintah dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan,” jelasnya.

Terakhir Kemenag Kabupaten Solok juga menjelaskan, bahwa gerhana matahari di Sumbar tepat pukul 14.03 WIB.

(Andar MK)

Pos terkait