Kapolda Sumbar : Masih Banyak Masyarakat Melanggar PSBB

Foto : Dok Biro Humas Setdaprov Sumbar
Foto : Dok Biro Humas Setdaprov Sumbar

Kapolda Sumatera Barat (Sumbar) Irjen Pol Toni Hermanto, mengatakan perilaku masyarakat harus jadi perhatian, karena masih banyak masyarakat yang melanggar Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Untuk itu sebut Kapolda, bila penerapan PSBB tahap dua diberlakukan nantinya, harus diperkuat oleh petugas dan dilakukan penambahan check point di beberapa titik.

Pernyataan tersebut disampaikan Kapolda Sumbar Irjen Pol Toni Hermanto dalam rapat terbatas evaluasi PSBB yang dipimpin Gubernur Sumbar Irwan Prayitno bersama Bupati dan Walikota se-Sumbar, menggunakan Video Conference (VidCon) Jum’at, (01/05/2020), sebagaimana dirilis biro humas Setdaprov.

Bacaan Lainnya

Selain harus diperkuat petugas dan dilakukan penambahan check point di beberapa titik, menurut Kapolda juga menutup setiap jalan-jalan di perbatasan termasuk jalan alternatif (jalur tikus).

“Oleh karenanya perlu ditingkatkan pemberdayaan Gugus Tugas tingkat RW/RT untuk kampanyekan penanganan Covid-19 dari rumah ke rumah. Ini sangat membantu pencegahan,” ujar Kapolda Sumbar.

Kapolda tetap optimis dengan melibatkan masyarakat bergotong royong pelaksanaan PSBB akan berhasil di dalam pencegahan Covid-19.

“Karena masyarakat adalah tameng terakhir dalam pemberantasan Covid-19 ini,” ujar Kapolda.

Selain itu Kapolda Sumbar berharap pelaksanaan PSBB di wilayahnya diikuti tegas bagi pelanggar. Hal ini semata mengintervensi angka penularan Covid-19.

“Kalau ada sanksi tegas, mungkin akan lebih optimal. Tapi kita juga lihat sekarang masyarakat sudah mulai tertib pakai masker,” tutup Kapolda Sumbar Irjen Pol Toni Hermanto.

(AL)

Pos terkait