Tiga dari 28 Pasien Positif Covid-19 di Sumbar Meninggal Dunia

Kemaren, Rabu (08/04/2020), publik Sumatera Barat dikejutkan dengan meninggalnya pasien wanita hamil 8 bulan yang dirawat di RS. M. Djamil, Padang.

Meninggalnya pasien wanita diduga positif Covid-19 itu tak pelak kemaren menjadi ‘santapan’ headline di berbagai media during.

Selain meninggalnya pasien wanita hamil 8 bulan, sorenya juga meninggal satu pasien wanita lainnya.

Bacaan Lainnya

Lantas muncul pertanyaan, benarkah pasien wanita hamil 8 bulan itu positif Covid-19?

Berikut keterangan Juru Bicara (Jubir) gugus tugas penanganan Covid-19 Provinsi Sumbar, Jasman Rizal.

Jasman dalam rilis yang dibagikan kepada wartawan juga diterima Topsumbar.co.id, Kamis, (09/04/2020), pukul 15:30 WIB, mengatakan total jumlah positif Covid-19 Sumbar data update hari ini, Kamis (09/04/2020) adalah 28 orang.

“Artinya terdapat kenaikan sebanyak 2 (dua) orang yang dinyatakan positif dari hari sebelumnya, Rabu (08/4/2020) berjumlah 26 orang,” ujar Jasman.

Adapun tambahan dua orang yang dinyatakan positif tersebut, jelas Jasman, kedua-duanya wanita dan keduanya meninggal dunia pada Rabu, 8 April 2020, kemaren.

Pasien pertama, RJ wanita umur 34 tahun asal Bukittinggi yang juga lagi hamil 8 bulan.

“Pasien wanita hamil 8 bulan itu meninggal dunia di RS M. DJamil Padang. Almarhumah diketahui positif covid-19 setelah ada hasil laboratorium Fakultas Kedokteran UNAND, yang bersangkutan terpapar Covid-19 diduga dari suaminya yang bekerja sebagai driver travel,” ujar Jasman.

Sedangkan pasien kedua, lanjut Jasman, wanita 50 tahun, tinggal dan bekerja di Padang asal Pasaman Barat.

“Pasien wanita ini meninggal dunia pukul 07.00 WIB di M.DJamil. Masuk M. DJamil dua hari yang lalu. Sebelumnya Almarhumah masih dalam status PDP. Namun setelah meninggal dunia, hasil lab nya menyatakan bahwa almarhumah positif covid-19,” terang Jasman.

“Saat ini tim kesehatan telah melakukan tracking riwayat perjalanan kedua Almarhumah sesuai protokol kesehatan,” terang Jasman, menambahkan.

Selanjutnya, Jasman juga menginformasikan, bahwa salah seorang pasien yang berjenis kelamin laki-laki di RSUD M Zein Painan telah dipindahkan ke RS M. DJamil Padang.

Kemudian, data update hari ini, Kamis (09/04/2020) pasien positif Covid -19 yang sembuh masih 4 (empat) orang, masih sama dengan jumlah update Rabu (09/04/2020) kemaren. Artinya belum ada tambahan.

Meninggalnya dua pasien positif Covid-19 kemaren, lanjut Jasman, menambah daftar jumlah meninggal Positif Covid-19 Sumbar menjadi 3 orang dari 28 Positif Covid-19 sejauh ini.

“Dari informasi beberapa Rumah Sakit rujukan, beberapa pasien positif telah menunjukkan gejala membaik dan kita doakan segera sembuh,” tutup Jasman.

(AL)

Pos terkait