Komisi I DPRD Padang Mediasi Kesepakatan Pembangunan Kantor Lurah Kampung Baru Nan XX

Ketua Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Padang, Elly Thrisyanti menghadiri kesepakatan pembangunan Kantor Lurah Kampung Baru Nan XX di Kecamatan Lubuk Begalung, di aula kantor Camat, Sabtu (25/01.2020).

“Namun belum ada kesepahaman dari masyarakat setempat, sehingga memang waktu itu agak sedikit tertunda. Sebagai perwakilan masyarakat di DPRD Kota Padang tidak mungkin berperang melawan masyarakat kita sendiri, itu saudara kita, jadi kita kasih waktu kepada stakeholder terkait untuk mengadakan pendekatan,” ujar Elly Thrisyanti.

Ia mengibaratkan, seperti Maelo Rambuik Dalam Tapuang, Rambuik Indak Putuih Tapuang Indak Taserak (Menarik Rambut Dalam Tepung, Rambut Tidak Putus Tepung Tidak Tertumpah). Maka diadakan kesepakatan antara camat, lurah, lpm dan tokoh masyarakat Kampung Baru Nan XX.

Bacaan Lainnya

“Pembangunan Kantor Lurah Kampung Baru Nan XX ini harus dilaksanakan. Karena untuk pembangunannya sudah masuk dalam anggaran dan sekarang sudah masuk proses tender,” ungkap Kader Gerindra ini.

Elly Thrisyanti menerangkan, dari surat yang disampaikan masyarakat Kampung Baru Nan XX, mereka mengatakan lahan Fasilitas Umum (Fasum) yang akan digunakan dibangun kantor lurah, tempat tersebut selama ini untuk evakuasi, sarana olah raga dan taman bermain untuk anak-anak.

“Maka, sebagai perwakilan masyarakat yang tahu sendiri kondisi di daerah itu. Untuk mendukung hal itu, kita akan memasukan usulan ke pemerintah kota melalui pokok-pokok Pikiran (Pokir) Anggota DPRD Kota Padang sesuai aturan yang berlaku,” pungkasnya.

Selain Elly Thrisyanti, juga terlihat hadir Camat Lubuk Begalung, Wilman Muchtar, Lurah Kampung Baru Afrianos, Ketua LPM beserta Tokoh Masyarakat Kampung Baru Nan XX.

Usai kegiatan, Elly Thrisyanti mengatakan, Kampung Baru Nan XX ini memang salah satu kelurahan di Lubuk Begalung yang kantor lurahnya belum punya, saat ini masih menumpang. Untuk itu, ada perencanaan pemerintah kota untuk pembangunan kantor lurah yang berlokasi di sebuah perumahan.

Camat Lubuk Begalung, Wilman Muchtar menyebutkan, perencanaan pembangunan kantor lurah di Kampung Baru Nan XX yang sempat beberapa tahun tertunda, Insha Allah akan segera kita bangun di pertengahan tahun 2020 ini. Dan terkait penolakan oleh masyarakat yang lalu, barang kali bisa kami jelaskan, mungkin saja, penolakan berupa mis komunikasi di masyarakat.

“Kita akan coba jelaskan, karena kantor lurah ini kita bangun untuk masyarakat juga, kepentingan masyarakat Kampung Baru Nan XX khususnya, terkait masalah pelayanan masyarakat yang menyangkut di pemerintahan,” ucapnya.

Wilman Muchtar juga menuturkan, seandainya masyarakat kampung baru membutuhkan sarana dan prasarana untuk olah raga dan arena bermain anak yang dikhawatirkan akan dihilangkan, kami, kata Wilman, juga akan membangun sarana tersebut di sebelah kantor lurah yang akan dibangun.

Dinas DPR KPP Kota Padang melalui Kepala Bidang Cipta Karya, Ikhsanul Rezki menyebutkan, rencana pembangunan untuk kantor lurah Kampung Baru Nan XX yang akan dilaksanakan di tahun 2020 ini, sekarang sedang evaluasi pembukaan dokumen tender.

“Insha Allah pada bulan Maret, pembangunan fisik itu sudah bisa kita laksanakan. Kami harapkan ini bisa berjalan dengan baik,” katanya.

Juga disampaikan, untuk konsep sub plainnya itu sudah terlihat bahwasanya disitu ada lapangan olah raga dan taman bermain anak-anak.

Dikesempatan itu, Ketua LPM Kampung Baru Nan XX Ery Doank menyambut positif dari hasil kesepakatan antara Tokoh Masyarakat dan Pemerintah Kota untuk kelanjutan pembagunan kantor lurah Kampung Baru Nan XX.

“Untuk masalah yang terkendala sehingga tertundanya pembangunan kantor lurah ini, itu hanya kesalah pahaman saja. Nanti kita kepada warga setempat, setelah ini akan berikan pemahaman,” pungkasnya. (Ratna)

Pos terkait