Peringati HPN, Polda Sumbar Diminta Tegakkan Hukum Seadil-adilnya

30

Dalam rangka menjalin keharmonisan, kemitraan Kepolisian Daerah (Polda) Sumatera Barat (Sumbar) dengan insan pers dan pimpinan media. Polda Sumbar mengadakan pertemuan dengan insan pers, sekaligus memperingati Hari Pers Nasional (HPN) yang ke-74, di Gedung Markas Polda Mapolda Sumbar, Rabu (20/2/2020).

Dalam acara tersebut perwakilan dari Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sumbar Basril Basyar menyampaikan harapan kepada Kepala Polda (Kapolda) beserta jajarannya, agar menegakkan hukum yang seadil-adilnya di Sumbar.

“Dengan adanya pihak yang tidak senang dengan pemberitaan yang ditulis oleh wartawan sebagai produk pers, kita mengharapkan Kapolda beserta jajarannya untuk mengembalikan kasus ini pada dewan pers dan undang-undang jurnalistik,” kata Basril Basyar.

Lebih lanjut Basril Basyar menyampaikan, namun jika ada awak pers yang tidak bekerja profesional dan terbukti telah melanggar kode etiknya, kita juga meminta pihak Polda agar menindak tegas oknum tersebut.

Selain itu, Basril Basyar juga mengharapkan agar kemitraan lebih terjalin dengan baik. Ia juga mengharapkan pihak Polda juga merencanakan iven-iven yang bisa meningkatkan kerjasama yang baik antara pihak Polda dengan insan pers.

Sementara itu Kapolda Sumbar Irjen Pol Toni Harmanto menyebutkan, sehubungan kita baru bertugas di Sumbar, Sumbar digemparkan dengan pemberitaan yang tidak layak dikonsumsi oleh masyarakat.

“Alhamdulillah, sedikit demi sedikit itu bisa kita atasi dengan melakukan tugas dan pengabdian pada masyarakat dengan sebaik-baiknya,” sebut Toni Harmanto.

Menangaggapi harapan dari PWI Sumbar, Kapolda Sumbar Irjen Toni Harmanto juga mengingatkan jajarannya bahwa sebagai penegak hukum, kita jangan sampai kita melanggar hukum.

“Kita juga berharap, dalam menghadapi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020, media bisa meminimalisir hal-hal yang bisa membuat kekhawatiran pada masyarakat,” harapnya.

Selain itu, lanjutnya, kita juga minta pada media agar bisa membantu meyakinkan masyarakat, dalam menghadapi Pilkada atas isu yang dapat membuat suasana tidak kondusif.

“Kemitraan ini diharapkan tetap terus terjalin,” tutupnya. (Syafri)

loading...
Loading...