Nasrul Abit : GSI Wadah Menjaring Bakat dan Talenta Sepakbola Indonesia

Wagub Sumbar Nasrul Abit pada acara pembukaan GSI tingkat Sumbar Tahun 2018

PADANG, TOP SUMBAR — Gala Siswa Indonesia (GSI) merupakan wadah bagi siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) yang berbakat di bidang olahraga sepakbola. GSI terselenggara atas kerjasama Dinas Pendidikan,  Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) dan Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI).

Hal itu disampaikan oleh Wakil Gubernur Sumatera Barat Nasrul Abit pada acara pembukaan GSI tingkat Sumatera Barat Tahun 2018 di Lapangan Sepak Bola Universitas Negeri Padang (UNP), Minggu (9/9).

“Tujuannya adalah dalam rangka mencari bibit unggul pemain bola diberbagai daerah, termasuk Sumatera Barat. GSI juga dapat menjadi wadah mengimplementasi penguatan pendidikan karakter melalui olahraga, melahirkan anak-anak sepakbola Indonesia yang memilikinya talenta dalam mengolah bola dengan kerjasama sebuah tim yang solid dan tangguh untuk meraih kemenangan,” kata Nasrul Abit.

Dikatakan Nasrul Abit, kepribadian seorang pemain bola menentukan karakter kepribadian diri dalam memberikan kerjasama tim, apakah sebagai kiper, penyerang, atau pencetak gol. Kesemua itu memiliki kepribadiannya dan karakter yang berbeda-beda menjadi kekuatan tim untuk memenangkan pertandingan.

“Disiplin diri, tanggung jawab,  berdedikasi, inovasi dan kreatifitas dari masing-masing karakter pemain tentu menjadi sesuatu yang baik dalam pembangunan tim yang penuh mutu dan kualitas yang diceminkan setiap pemain. Kita berharap nanti ada anak-anak Sumatera Barat yang menjadi pemain nasional yang dapat mengharumkan nama bangsa dan negara dikancah gelanggang sepakbola Internasional,” harapnya.

Menurutnya, rakyat Indonesia amat merindukan sepak bola Indonesia masuk dalam pertandingan piala dunia nantinya. Untuk itu, ia berharap agar siswa -siswa yang ikut GSI, mampu memperlihatkan kemampuan terbaik,  berlatih terus menerus, disiplin, tekun, sportifitas tentu akan menjadikan lebih baik di setiap waktunya.

“GSI tingkat Sumatera Barat, akan berlangsung dalam bulan September ini dan nanti bulan Oktober akan dilaksanakan secara nasional di Gelora Bung Karno Jakarta. Selamat bertanding, jadilah yang terbaik membawa nama harum Sumatera Barat dan Indonesia dipentas dunia,”  harap Nasrul Abit.

GSI tingkat Sumatera Barat diikuti oleh 6 kabupaten/kota peserta yang menjadi duta dari kabupaten dan kota masing-masing. Dan nanti juga akan dipilih pemain-pemain terbaik yang akan mendapat pendidikan dan latihan oleh program PSSI dan KONI.

Hadir dalam kesempatan tersebut Kadis Pendidikan, Ka Dispora, Kepala LPMP, Ketua KONI,  Pengurus PSSI,  Bank Nagari, Bank BTPN para ofisial dan peserta GSI tingkat Sumatera Barat. (Syafri)

LEAVE A REPLY