Festival Pamalayu dan Lomba Vlog Menangkan Puluhan Juta

DHARMASRAYA, TOP SUMBAR — Pagelaran festival budaya terlama dan terpanjang dalam sejarah di Minangkabau bernama Festival Pamalayu. Kali ini, Pemkab Dharmasraya akan menggelar kompetisi vlog atau video pendek dalam rangka festival Pamalayu ini.

Vlog tersebut berisikan tentang peninggalan masa lalu yang ada di wilayah Kabupaten Dharmasraya, Provinsi Sumatera Barat. Menurut Kabag Humas Budi Waluyo, kompetisi ini digelar dalam rangka memperkaya daftar peninggalan sejarah masa silam yang ditemukan di Dharmasraya.

Sebagaimana dikutip di laman resmi panitia festival Pamalayu, festivalpamalayu.com syarat dan ketentun kompetisi vlog ditetapkan sebagai berikut :

Syarat dan ketentuan Kompetisi Vlog Festival Pamalayu

1. Lomba terbuka untuk umum

2. Peserta mengisi formulir pendaftaran dengan lengkap yang dapat diakses di link: https://forms.gle/CUZnmJXGsn6rSBDC8 atau dapat dilihat di website: festivalpamalayu.com ( LINK INI )

3. Tema vlog : “Melestarikan Peninggalan Peradaban Masa Lalu di Kabupaten Dharmasraya”.

4. Video harus orisil, tidak melanggar hak cipta orang lain dan belum pernah dipublikasikan sebelumnya.

5. Vlog dibuat di lokasi berbagai peninggalan peradaban masa lalu di Dharmasraya, baik Kerajaan Dharmasraya maupun kerajaan yang masih ada hingga saat ini, peninggalan bersejarah dan/atau salah satu acara dalam Festival Pamalayu.

6. Durasi video 1-3 menit dengan resolusi minimal high definition (1080p), aspect ratio: 16:9 (horizontal) atau 9:16 (vertical).

7. Vlog membawa pesan pengetahuan sejarah, budaya dan/atau pariwisata.

8. Vlog harus sesuai dengan norma-norma sosial serta tidak mengandung unsur kekerasan, politik, pornografi, penghinaan ataupun pelecehan terhadap SARA dan latar belakang lainnya yang bersifat pribadi.

9. Seluruh proses dan hasil vlog merupakan tanggung jawab dari peserta, termasuk penggunaan model dan/atau properti. Panitia Festival Pamalayu bebas dari tuntutan pemilik properti dan/atau model lomba yang disertakan dalam perlombaan.

10. Peserta menggugah vlog di akun Youtube masing-masing dengan menyertakan kalimat “Festival Pamalayu Dharmasraya” pada deskripsi Youtube

11. Peserta menggugah teaser video di akun Instagram masing-masing dengan menyertakan kalimat “Kompetisi Vlog Festival Pamalayu Dharmasraya” dan tagar #FestivalPamalayu serta wajib me-mention dan mem-follow akun Instagram resmi panitia @festivalpamalayu. Akun instagram tidak dikunci.

12. Peserta dapat mengirimkan maksimal 3 vlog.

13. Periode lomba 22 Agustus 2019 hingga 15 Desember 2019 pukul 23.59 WIB.

14. Juri akan memilih 8 peserta terbaik dengan hadiah total Rp50 juta. (Juara I Rp15 juta, Juara II Rp12 juta, Juara III Rp8 juta dan lima juara harapan masing-masing Rp3 juta). Pajak ditanggung pemenang.

15. Pemenang akan diumumkan di lamanfestivalpamalayu.com

16. Dengan mengikuti lomba ini, peserta mengizinkan panitia memposting ulang karya peserta di media lainnya (dengan tetap mencantumkan nama pemilik karya) untuk kepentingan promosi dan dianggap tunduk dan tidak akan menuntut di kemudian hari pada peraturan yang dibuat panitia.

17. Lomba tertutup untuk panitia penyelenggara.

Vlog yang dikirim oleh peserta, baik melalui youtube maupun akun instagram, akan dinilai oleh juri yang profesional dibidangnya. Adapun kriteria penilaian akan mengikuti ketentuan sebagai berikut :

Kriteria Penilaian

1. Konsep bercerita melalui video

2. Vlog mengandung pesan positif sesuai tema terkait

3. Alur cerita yang jelas.

4. Pesan yang disampaikan dalam vlog.

(Hms/Yanti)

LEAVE A REPLY