Dideklarasikan, Ust Muhammad Ali Pimpin IGPTQI

19

Suatu terobosan baru dalam dunia pendidikan hafalan Alquran atau Tahfiz kembali dilaksanakan oleh Guru dan Pegiat Tahfiz di Sumatera Barat.

Minggu (02/02/2020) lalu, bertempat di Balai Sidang Bung Hatta Kota Bukittinggi, Ikatan Guru dan Pegiat Tahfiz Qur’an Indonesia (IGPTQI) berhasil dideklarasikan.

Deklarasi lembaga yang akan menaungi pendidikan Tahfiz itu dihadiri 80 perwakilan dari lembaga dan penggiat Tahfiz di Sumatera Barat, Sumatera Utara, Riau dan Sumatera Selatan.

Dalam deklarasi monumental itu, Ust.Muhammad Ali, S.Pd.I, M.Pd. dari LTTQ Bukittinggi secara aklamasi terpilih sebagai Ketua Umum.

Ust.Muhammad Ali,S.Pd.i,M.Pd ketika ditemui salah seorang muridnya di STAI Imam Bonjol Padang Panjang, Jon Kenedi yang juga Redaktur pada harian Rakyat Sumbar dan kemudian merilis hasil pertemuan itu serta dilkutip Topsumbar.co.id mengatakan, pendeklarasian IGPTQI tersebut, merupakan bentuk kepedulian dari lembaga dan penggiat Tahfiz terhadap kegiatan Tahfiz yang terus menggeliat di Indonesia.

“Setelah terpilih, kita tentunya memiliki target, selain pemenuhan kepengurusan IGPTQI dan penyepakatan AD/ART IGPTQI serta pembuatan renca kerja,” ucap Ust.Muhammad Ali.

“Kita juga mohonkan dukungan dan bantuan dari pegiat-pegiat Tahfiz di berbagai daerah, agar kepengurusan IGPTQI bisa terbentuk dan bisa bekerja dalam memajukan pendidikan Tahfiz di Indonesia,” lanjut Ust.Muhammad Ali yang juga berprofesi sebagai Dosen Tetap Ulumul Qur’an STAI Imam Bonjol Padangpanjang.

Dari sejumlah lembaga Tahfiz yang sudah terdata, sebut Ust. Muhammad Ali, diantaranya, LTTQ AlifBa Bukittinggi, Rumah Tahfidz Muaz Bin Jabal Tanahdatar, Surau Tahfidz Firdaus, Rumah Qur’an Ibadurrohman, MTI Tarusan Kamang.

Kemudian, Kelompok Pegiat Tahfidz Qur’an SMPN 2 Bukittinggi, Kelompok Pegiat Tahfidz Qur’an MAN 1 Bukittinggi, Kelompok Pegiat Tahfidz Qur’an Surau Ladang Tibaru, Kelompok Pegiat Tahfidz SMA 2 Bukittinggi, Kelompok Pegiat Tahfidz SMP Bukittinggi.

Selanjutnya, Kelompok Tahfidz Qur’an MAN 2 Agam, Kelompok Peduli Tahfidz Alqur’an SD dan SMP IT Alislah Bukittinggi, Kelompol Pegiat Tahfidz MTSN 2 Bukittinggi, Kelompok Pegiat Tahfidz IAIN Bukittinggi.

Seterusnya, Kelompok Pegiat Tahfidz SMA 1 Bukittinggi, STQ Surau Ladang Tibarau Agam, Kelompok Peduli Tahfidz Qur’an SDIT Cahaya Hati Bukittinggi, Kelompok Tahfidz SMP 5 Bukittinggi, Kelompok Peduli Tahfidz Riau, Kelompok Peduli Tahfidz Palembang dan Ponpes Tahfidz Azzam Qur’ani Sumut.

“Setelah lembaga IGPTQI ini terbentuk dan mulai bekerja, selanjutnya kita akan mendata lembaga-lembaga tahfiz yang ada di Indonesia, termasuk menyusun program tahfiz nasional yang akan dijadikan acuan dalam pengembangan dan membangun generasi Tahfiz di Indonesia dan internasional,” tutup Ust.Muhammad Ali. (AL)

loading...
Loading...

LEAVE A REPLY