Jalani Program GNT Bank Nagari Jalin Kerjasama Bersama Rumah Sakit Stroke Nasional Bukittinggi

911

Bank Nagari Cabang Bukittinggi bersama Rumah Sakit Stroke Nasional (RSSN) Bukittinggi mulai 1 November 2017, melakukan kerja sama dalam melayani pasien secara online baik rawat inap maupun rawat jalan. Program ini sejalan dengan Gerakan Nasional Non Tunai (GNT).

Penandatanganan kerja sama tersebut dilakukan Kepala Bank Nagari Cabang Bukittinggi, Epi Muluk, dengan Direktur Utama (Dirut) RSSN Bukittinggi yang diwakili unsur pimpinan, Alkindi Bahar, di halaman rumah sakit tingkat nasional itu, Rabu (1/11).

Kepala Bank Nagari Cabang Bukittinggi, Epi Muluk menjelaskan, program yang dapat menggunakan Anjungan Tunai Mandiri (ATM) pasien RSSN yang menjalani rawat inap maupun rawat jalan juga dapat menggunakan Elektrik Data Capture (EDC).

”Program host to host ini dimaksudkan untuk membantu dan memudahkan pasien maupun keluarganya membayar kewajiban biaya pengobatan, sekaligus memperkecil peluang risiko bila masih menggunakan uang tunai. Sistem yang dapat dipergunakan secara nasional bahkan internasional ini, juga membantu keluarga pasien di luar daerah mengirimkan uang,” kata Epi Muluk.

Ada pun manfaat lain dari program ini, menurut Epi, membantu meringankan loading kerja RSSN yang terus meningkat, transaksi pembayaran pasien langsung masuk ke rekening secara realitime, sehingga mudah dikontrol, mengefisiensikan tenaga kerja yang ada, serta memudahkan kontrol keuangan melalui aplikasi Nagari Cash Management (NCM).

Disebutkan, kerja sama yang dilakukan Bank Nagari Cabang Bukittinggi dengan RSSN ini, juga untuk menunjang program nasional GNT yang sudah dilaksanakan pada berbagai jalur pembiayaan atau pembayaran.

”Pembayaran tagihan biaya perawatan merupakan salah satu bentuk modernisasi pengelolaan Keuangan Badan Layanan Usaha (BLU), karena modernisasi pengelolaan keuangan BLU wajib disikapi seluruh satuan kerja, sebagaimana dicanangkan Direktorat PPK BLU sejak tahun 2015,” sebut Epi Muluk.

Program yang sudah dilaksanakan bersama dengan Pemerintah Kota Bukittinggi itu, menurut Epi, juga akan diupayakan mengembangkannya pada berbagai lembaga usaha atau sosial dalam melakukan pembayaran non tunai ini. Kini juga sedang dalam tahap penjajakan dengan beberapa rumah sakit lainnya di Bukittinggi.

Untuk menerapkan program ini dengan baik, masyarakat dapat melakukan langkah antisipasi dengan mendaftarkan diri sebagai nasabah Bank Nagari, persyaratannya sama dengan pendafataran nasabah biasa. ***

 

loading...