Gubernur Sumbar Apresiasi Pameran Untuk Peringati HPN 2018

671

Gubernur Sumbar Irwan Prayitno bersama Direktur Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Hilmar Farid 

PADANG, TOP SUMBAR — Sebanyak 42 karya seni rupa dipamerkan dalam rangkaian peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2018 yang digelar di Padang. 42 karya seni rupa yang dipamerkan, diantaranya dari karya lukis, batik, patung dan lainnya.

Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno, sangat mengapresiasi kegiatan pameran yang terangkum dalam peringatan HPN 2018 itu.

“Kita berharap HPN ini bisa menjadi sarana publikasi yang luas untuk kemajuan seni rupa di Sumbar. Karena di samping potensi, publikasi adalah sesuatu yang sangat penting,” kata Irwan Prayitno selaku Gubernur Sumatera Barat, di Taman Budaya Sumatera Barat, Kamis (1/2).

Kegiatan pameran yang terangkum dalam peringatan HPN 2018, dilanjutkan Irwan Prayitno, bertujuan untuk memperkenalkan karya-karya dari seniman Sumatera Barat. Malah beberapa dari karya tersebut adalah karya yang sudah menasional.

Disamping itu Direktur Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Hilmar Farid juga mengapresiasi karya-karya yang dipamerkan di lingkungan Taman Budaya Sumatera Barat tersebut.

“Saya sangat mengapresiasi karya-karya yang dipamerkan. Sumbar merupakan yang berpotensi di bidang seni rupa, banyak seniman besar yang lahir dari daerah ini,” kata Hilmar Farid.

Untuk itu lanjut Hilmar Farid, diperlukan upaya bersama untuk memajukan dan mengenalkan potensi itu secara luas, terutama dari pelaku seni sendiri.

Ia mengatakan pemerintah juga terus melakukan upaya untuk memajukan seni serta kebudayaan tersebut secara nasional.

Pameran itu juga mendapatkan respon positif dari perupa muda yang tergabung dalam komunitas Rumah Ada Seni (RAS) Padang.

“Pamerannya menarik, baik dari jenis karya serta jumlah karya yang cukup banyak. Selain itu kami melihat dukungan pemerintah untuk kesenian mulai terlihat, itu pertanda baik,” kata Yusuf Fadli Aser selaku Ketua RAS Padang.

Pameran tersebut dilangsungkan delapan hari beruturut-turut yaitu 1 hingga 9 Februari 2018. Selain seni rupa, di tempat yang sama yaitu Taman Budaya Sumbar juga digelar pameran kebudayaan. Ratusan pengunjung yang datang pada hari pembukaan pameran tersebut, tampak sangat antusias menyaksikan karya-karya yang tersaji. (Syafri)

loading...