Baznas Dharmasraya Luncurkan Program “Gemar Berinfaq” untuk Siswa Sekolah Dasar

Baznas Dharmasraya Luncurkan Program Gemar Berinfaq untuk Siswa Sekolah Dasar

TOPSUMBAR – Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Dharmasraya meluncurkan program “Gemar Berinfaq” di SDN 01 Koto Baru pada Jumat, 21 Maret 2024.

Program tersebut berdasarkan inovasi oleh Baznas Dharmasraya dalam meningkatkan pengumpulan zakat, infak, dan sedekah di tengah masyarakat.

Salah satu inovasi terbaru tersebut ialah melalui program “Gemar Berinfaq” yang di tujukan untuk siswa Sekolah Dasar di Kabupaten Dharmasraya.

Bacaan Lainnya

Ketua Baznas, Z Lubis melalui Wakil I Pengumpulan, Ridwan Syarif menyampaikan bahwasanya program tersebut merupakan wahana pendidikan bagi anak-anak.

“Program ini bukan hanya sebagai upaya dalam meningkatkan pengumpulan infak dan sedekah Baznas. Tetapi juga sebagai wahana pendidikan bagi anak-anak untuk terbiasa gemar berinfaq atau bersedekah,” ujarnya.

Turut hadir Kadis Pendidikan Dharmasraya, Bobby Perdana, Ketua Baznas Z Lubis, Kepala Sekolah SDN 01 Koto Baru, komite sekolah, serta guru dan perwakilan wali murid.

Ridwan menjelaskan bahwa program “Gemar Berinfaq” sangat sederhana. Setiap siswa di berikan sebuah celengan untuk di tempatkan di rumah masing-masing. Ketika ada sisa uang belanja atau jajan, siswa secara sukarela dan ikhlas memasukkan uang tersebut ke dalam celengan.

“Setelah dua atau tiga bulan, infak sedekah akan di kumpulkan oleh petugas Baznas kecamatan dan kemudian di serahkan ke Baznas. Sebanyak 50 persen dari dana infak sedekah tersebut akan di kembalikan ke sekolah dalam bentuk program sosial untuk siswa di sekolah dan lingkungan sekitarnya,” jelasnya.

Kadisdik Dharmasraya, Bobby Perdana, menyambut baik program ini sebagai pembelajaran di luar sekolah yang dapat membantu mendidik siswa agar gemar berinfaq dan bersedekah.
Selain itu, program ini juga diharapkan dapat memupuk sikap peduli dari keluarga dan orang tua siswa terhadap kegiatan berinfaq yang digagas oleh Baznas.

“Program ini tidak boleh memaksa siswa, dan dana infak sedekah juga tidak akan dikelola oleh sekolah. Sekolah hanya akan mendampingi pelaksanaan program ini,” tambahnya.

(YAN)

Dapatkan update berita terbaru dari Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait