Menelusuri Jejak Budaya Minang Lewat 6 Barang-Barang Tradisional ini

Menelusuri Jejak Budaya Minang Lewat Barang-Barang Tradisional. (Foto : Dok. Istimewa)
Menelusuri Jejak Budaya Minang Lewat Barang-Barang Tradisional. (Foto : Dok. Istimewa)

TOPSUMBAR – Saat kita berjalan-jalan melintasi masa, tidak hanya menemukan jejak yang dulu dilalui, tapi juga merasakan getaran kisah yang tersimpan dalam setiap benda yang pernah digunakan.

Bersama TOPSUMBAR mari kita menjelajahi dunia kaya warna budaya Minangkabau melalui benda-benda tradisional yang menjadi saksi bisu dari kehidupan dan warisan leluhur kita.

1. Mok

Bacaan Lainnya

Dalam menelusuri peradaban sebuah daerah, seringkali jejak budaya tercermin dari benda-benda tradisional yang digunakan sehari-hari.

Salah satu contohnya adalah gelas besar yang dikenal sebagai “Mok” yang terbuat dari seng.

Dahulu, Mok menjadi bagian integral dari kehidupan sehari-hari masyarakat Minangkabau.

Namun, dengan perubahan zaman, kini jarang terlihat keberadaannya karena telah digantikan oleh versi plastik yang lebih modern.

2. Pinggan

Tak jauh dari Mok, kita temui “Pinggan”, sebuah piring makan berukuran agak besar, dan “Tenong”, yang lebih besar lagi dari pinggan.

Keduanya bukan sekadar alat makan, tapi juga cerminan budaya dan tradisi kuliner yang kaya di kalangan masyarakat Minangkabau.

Dulu, saat makan menjadi momen bersama keluarga, pinggan dan tenong menjadi simbol kebersamaan dan kehangatan yang tak tergantikan.

Pos terkait