DPRD Sumbar Gelar Rakor Peningkatan Kualitas SMK, Soroti Peran Penting Kepala Sekolah

DPRD Sumbar Gelar Rakor Peningkatan Kualitas SMK, Soroti Peran Penting Kepala Sekolah

TOPSUMBAR – Ketua DPRD Provinsi Sumatera Barat, Supardi, dorong kepala sekolah SMK ciptakan lulusan yang produktif, mandiri, dan berinovasi.

Pernyataan ini disampaikannya dalam Rapat Koordinasi Kepala Sekolah SMK se-Sumatera Barat di The Balcone Hotel Kota Bukittinggi pada Jumat, 23 Februari 2024.

Supardi menekankan bahwa Setiap Kepsek harus memfokuskan pengembangan sekolah dalam menciptakan hubungan SMK dengan dunia usaha/industri.

Bacaan Lainnya

Hal tersebut dapat diperoleh dengan mengadakan kegiatan EXPO SMK yang diyakini memperoleh pengalaman usaha dan industri.

“Perlu adanya perubahan pola pikir kepala sekolah untuk menghasilkan lulusan SMK yang tidak hanya menjadi tenaga kerja, tetapi juga memiliki potensi untuk mandiri,” ungkapnya.

Selain itu, Ia juga menyoroti pentingnya kepala sekolah yang mampu berinovasi dan memiliki keyakinan diri dalam mengembangkan bakat siswa untuk masa depan yang cerah.

Ia turut prihatin terhadap temuan dari survei Kementerian Ketenagakerjaan yang menunjukkan bahwa sebagian besar pengangguran berasal dari lulusan SMK.

“Hal ini menandakan adanya kesenjangan antara kebutuhan industri dengan kompetensi lulusan SMK,” tambahnya.

Menurutnya, perlunya kerjasama antara pemerintah daerah, lembaga pendidikan, dan industri dalam mendukung pengembangan SMK.

“Momentum rapat koordinasi ini harus di manfaatkan secara optimal. Sehingga dapat merumuskan langkah-langkah strategis guna meningkatkan kualitas pendidikan SMK di Sumatera Barat,” tutupnya.

Rapat koordinasi tersebut menghadirkan para kepala SMK negeri dan swasta, Kasi SMK dari wilayah I hingga VIII.

Korwas SMK kabupaten/kota, operator dan Tim SMKN BLUD juga turut hadir. Serta Panitia dan Koordinator Bidang PSMK, dengan total peserta mencapai 298 orang yang hadir pada acara tersebut.

(HT)

Dapatkan update berita terbaru dari Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait