Sukses Gemilang, Pemko Payakumbuh Terima Dua Penghargaan Prestisius dari BNNP Sumbar

TOPSUMBAR – Pemerintah Kota (Pemko) Payakumbuh terus menorehkan prestasi dan meraih apresiasi dari berbagai instansi.

Belum genap sebulan di tahun 2024, Pemko Payakumbuh kembali menyandang dua penghargaan bergengsi dari Badan Narkotika Nasional Provinsi Sumatra Barat (BNNP Sumbar).

Penghargaan pertama diberikan sebagai pengakuan atas keberhasilan Pelaksanaan Program Kota Tanggap Ancaman Narkoba (KOTAN) Tahun 2023, dengan predikat “Sangat Tanggap” dan indeks 3,44, yang merupakan pencapaian tertinggi di Sumatra Barat.

Bacaan Lainnya

Sementara penghargaan kedua diterima sebagai bentuk apresiasi atas partisipasi serta dukungan Pemko Payakumbuh dalam Program Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN).

M. Febrian Jufril, Kepala Badan Narkotika Nasional Kota (BNNK) Payakumbuh, dalam sambutannya, mengungkapkan bahwa BNNK Payakumbuh berhasil menyelesaikan 13 item kinerja selama tahun 2023, termasuk pencapaian indeks ketahanan keluarga (DEKTARA), indeks ketahanan diri remaja (DEKTARI), dan indeks kemandirian partisipasi (IKP).

BNNK Payakumbuh bersama Kesbang-Pol Kota Payakumbuh juga membentuk tim terpadu P4GN untuk memperkuat koordinasi pelaksanaan program dan merumuskan rencana aksi daerah.

Pj. Wali Kota Payakumbuh, Jasman, dengan bangga menyebut penerimaan dua penghargaan dari BNNP Sumbar sebagai penghargaan atas kerja keras semua jajaran perangkat daerah dan stakeholder dalam memperkuat P4GN.

Jasman menyoroti berbagai upaya Pemko Payakumbuh dalam pencegahan bahaya narkoba, termasuk Program Kelurahan Bersih dari Narkoba (Bersinar) yang tidak hanya memberikan sosialisasi, tetapi juga melakukan pemberdayaan masyarakat dengan mempertimbangkan potensi sosial ekonomi di wilayah tersebut.

Pemko Payakumbuh tidak hanya meraih peringkat pertama di Sumatra Barat, tetapi juga meraih posisi ketiga di tingkat nasional dalam pelaksanaan program KOTAN tahun 2023.

Jasman mengajak semua pihak, termasuk ketua RT, RW, tokoh masyarakat, dan warga, untuk peduli dan tanggap terhadap potensi penyalahgunaan narkoba di sekitar mereka.

Ia juga memberikan peringatan khusus kepada orang tua agar dapat mendeteksi sedini mungkin perilaku mencurigakan anak-anak atau remaja.

Kepala BNNP Sumbar, Tri Julianto Djatiutomo, memberikan selamat dan apresiasi atas capaian Pemko Payakumbuh dalam menanggulangi penyalahgunaan narkotika.

Tri berharap Pemko Payakumbuh dapat meraih prestasi terbaik di tingkat nasional pada tahun 2024.

Sebagai tanda simbolis, Pj. Wali Kota Payakumbuh menerima langsung kedua penghargaan dari BNNP Sumbar, didampingi unsur Fokpimda, kepala OPD, Camat, Lurah, dan tokoh masyarakat Kota Payakumbuh.

(Ton)

Dapatkan update berita terbaru dari Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait