Antisipasi Kendala, KPU Kabupaten Solok Gelar Simulasi Pemungutan dan Perhitungan Suara

Antisipasi Kendala, KPU Kabupaten Solok Gelar Simulasi Pemungutan dan Perhitungan Suara.

TOPSUMBAR – Dalam rangka mempersiapkan penyelenggaraan Pemilu Serentak tahun 2024, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Solok mengadakan kegiatan simulasi.

Kegiatan simulasi tersebut mencakup pemungutan, penghitungan, rekapitulasi hasil penghitungan suara, serta penggunaan SIREKAP.

Kegiatan ini berlangsung di Halaman Masjid Raya Nagari Talang, Kecamatan Gunung Talang, pada hari Rabu, 31 Januari 2024.

Bacaan Lainnya

Kegiatan ini dihadiri oleh jajaran Forkopimda, SKPD Pemkab Solok (Diskominfo, DPMN, Disdukcapil, dan KesbangPol).

Tak lupa juga dihadiri oleh KPU, PPK, dan PPS se-Kabupaten Solok, serta Forkopimcam Kecamatan Gunung Talang.

Ketua KPU Kabupaten Solok, Hasbullah Alqomar, menjelaskan kegiatan tersebut merupakan bagian dari agenda KPU RI untuk persiapan Pemilu 2024.

“Pada simulasi ini, kita ingin melihat seberapa lama pemilih menghabiskan waktu untuk pencoblosannya.” ujarnya.

Dalam kegiatan tersebut, KPU Kabupaten Solok mensimulasikan lima jenis surat suara, DPRD Kab/Kota, Provinsi, DPR RI, DPD, dan Presiden.

Hasbunallah menekankan, simulasi tersebut akan sama seperti yang dilakukan pada pemilu yang sesungguhnya pada 14 Februari mendatang.

“Diharapkan penyelenggara Nagari/KPPS siap untuk mengatasi kendala teknis selama pemilihan hingga penghitungan suara nanti.” harapnya.

Ia juga menekankan adanya rangkaian simulasi tersebut diharaokan dapat mengantisipasi segala permasalahan yang mungkin terjadi pada hari H nanti.

Oleh sebab itu, jika terjadi situasi darurat pada wilayah tertentu, penyelenggara telah siap untuk mengatasinya tanpa mengganggu proses peilihan.

(BY)

Dapatkan update berita terbaru dari Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait