Padang Panjang Peringati Hari Jadi Ke 233, Ini Capaian 2022, Target 2023 dan Harapan 2024

TOPSUMBAR – Pemerintah Kota (Pemko) Padang Panjang menggelar peringatan Hari Jadi Kota (HJK) ke 233 tahun, Jumat 1  Desember 2023.

Kegiatan yang digelar melalui Rapat Paripurna DPRD di gedung DPRD setempat dihadiri unsur jajaran Pemko Padang Panjang, DPRD, Forkopimda, tokoh masyarakat, ninik mamak, alim ulama, dan undangan lainnya.

Turut juga hadir pada kegiatan yang diperingati rutin setiap tanggal 1 Desember itu, Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) diwakili Staf Ahli Bidang Pembangunan Kemasyarakatan dan Sumber Daya Provinsi Sumbar, drh. Eri Rinaldi, M.M.

Bacaan Lainnya

Adapun tema HJK ke-233 adalah Padang Panjang Unggul dan Sejahtera.

Tema ini diusung atas capaian berbagai keberhasilan pembangunan yang diperoleh Kota Padang Panjang.

Hal tersebut juga sejalan dengan tagline pembangunan Kota berjuluk Serambi Makkah ini pada 2024, yaitu “Peningkatan Perekonomian dan Kualitas SDM Berkarakter dan Berdaya Saing”.

Pada momentum tersebut Penjabat (Pj) Wali Kota Padang Panjang, Sonny Budaya Putra, A.P, M.S menyampaikan pencapaian keberhasilan Kota Padang Panjang selama tahun 2022 dan target yang hendak dicapai tahun 2023.

Sonny dalam sambutannya menyampaikan, Indeks Pembangunan Manusia (IPM) meningkat dari 77,97 pada 2021 menjadi 78,78 pada 2022. Angka tersebut lebih tinggi dari IPM Provinsi Sumbar sebesar 73,26.

“Pada 2023 ini IPM ditargetkan dapat mencapai 78,97,” katanya.

Pertumbuhan Ekonomi, lanjut Sonny, meningkat dari 3,46% pada 2021 menjadi 4,39% pada 2022. Angka tersebut lebih tinggi dari provinsi yang sebesar 4,36%. Pada 2023 ini pertumbuhan ekonomi ditargetkan dapat mencapai 4,91%.

Lanjut, Indeks Reformasi Birokrasi Kota Padang Panjang, mengalami peningkatan dari 55,19 pada 2021, menjadi 59,4 pada 2022. Ditargetkan mencapai 59,5 pada 2023.

Sistem Akuntabilitas Kinerja Pemerintah atau SAKIP Padang Panjang juga mengalami kenaikan. Dari nilai 61,95 dengan predikat B pada 2021, menjadi 62,91 pada 2022. Ditargetkan dapat meningkat menjadi 63,10 pada 2023.

“Opini Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) terhadap laporan keuangan Pemerintah Daerah, alhamdulilah dapat dipertahankan Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) selama tujuh kali berturut-turut. Hal ini menunjukkan stabilitas kinerja pengelolaan keuangan daerah yang baik dan memenuhi standar di Padang Panjang,” ujarnya.

Semua capaian ini, sebut Sonny, tidak terlepas dari perbaikan-perbaikan yang telah dilakukan dalam aspek pelayanan pemerintahan. Seperti penerapan smart city dengan pemberlakuan layanan-layanan online dan berbasis aplikasi.

Kemudian layanan perizinan online, administrasi kependudukan online, sistem pengaduan online, elektronifikasi transaksi Pemerintahan Daerah (cashless), Smart Hospital RSUD Padang Panjang, Call Center 112 dan lainnya.

“Termasuk juga peningkatan transparansi, akuntabilitas dan komitmen sebagai kota berintegritas yang bebas dari korupsi, kolusi dan nepotisme,” imbuhnya.

Seterusnya, sebagai Kota Pendidikan, Pemerintah Kota senantiasa menempatkan pendidikan sebagai sektor utama dan berupaya memenuhi anggaran pendidikan 20% dari total APBD.

Tidak hanya fokus pada pendidikan dasar yang menjadi kewenangan Pemko, Padang Panjang juga concern dengan pendidikan menengah dan pendidikan tinggi, serta pendidikan agama. Salah satu program Pemko adalah membantu biaya pendidikan untuk siswa dan mahasiswa kurang mampu dan berprestasi.

Pada 2023 di tingkat SD dan SLTP telah difasilitasi penyaluran dana PIP kepada 882 siswa SD, 223 siswa SLTP. Dengan total realisasi sebesar Rp493.650.000. Sedangkan untuk tingkat SLTA dan perguruan tinggi, Pemko sudah merealisasikan beasiswa dari APBD kepada 130 orang dengan nilai sebesar Rp2 miliar lebih.

Di samping itu juga disalurkan beasiswa bagi individu dari keluarga miskin untuk 200 penerima dengan nilai Rp670.500.000.

Di sisi lain, meningkatkan akses dan kualitas pendidikan tinggi bagi para pelajar Padang Panjang, Pemko sudah menjalin kerja sama dengan 10 perguruan tinggi.

Di antaranya University of Arizona Amerika Serikat, Sampoerna University, Universitas Negeri Padang, Politeknik Negeri Padang, ISI Padangpanjang, STIT Diniyyah Puteri, Akper Nabila, Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat, UIN Mahmud Yunus Batusangkar, Universitas Metamedia, Sekolah Tinggi Ekonomi Syariah Manna Wa Salwa.

“Harapannya adalah agar semakin banyak putra-putri Padang Panjang dapat mengenyam pendidikan setinggi-tingginya baik di dalam maupun di luar negeri,” jelas Sonny.

Pelaksanaan program bidang pendidikan selama beberapa tahun terakhir telah memberikan hasil luar biasa. Yang paling membanggakan adalah Angka Rata-rata Lama Bersekolah Kota Padang Panjang 2022 mencapai 11,92 tahun, atau tertinggi di Sumatera Barat.

Peningkatan layanan kesehatan juga terus digalakkan, baik di Puskesmas maupun RSUD. Termasuk lanjutan pemberian jaminan kesehatan kepada masyarakat.

Pada 2022 Padang Panjang menerima penghargaan atas capaian Universal Health Coverage (UHC) tertinggi di Sumatera Barat. Terbaru, pada November 2023, Padang Panjang juga sukses mempertahankan predikat kota sehat Swastisaba Wistara selama tujuh kali berturut-turut.

Dalam aspek penanganan stunting, Padang Panjang juga sudah melaksanakan berbagai inovasi untuk menurunkan angka stunting. Di antaranya penyelenggaraan Dapur Sehat Atasi Stunting atau Dashat, gerakan Bapak Ibu Asuh Anak Stunting atau Basunting, penyaluran bantuan pangan pokok dan PMT lokal.

“Alhamdulilah dari data terakhir tahun 2023 ini capaian stunting sudah mendekati target nasional yaitu 14,09%. Pada 2024 penanganan stunting ini akan dilakukan lebih intensif lagi agar kasus stunting di Padang Panjang dapat ditekan serendah mungkin,” pungkasnya.

Ketua DPRD Kota Padang Panjang Mardiansyah, A. Md yang sekaligus membuka rapat paripurna DPRD tentang HJK ke 233, dalam sambutannya berharap Kota Padang Panjang semakin unggul dalam segala hal, semakin sejahtera warganya dan semakin maju perekonomiannya.

“Pelaksanaan HJK ke-233 yang sederhana ini diharapkan tetap mampu menumbuhkan semangat baru untuk perbaikan dan penyempurnaan program-program pembangunan yang telah dilakukan,” ujarnya.

Ketua Kerapatan Adat Nagari (KAN) Bukit Surungan, Faiz Fauzan El Muhammadi Datuak Bagindo Marajo dalam sambutannya mengimbau untuk selalu menjaga dan menyelamatkan marwah Kota Padang Panjang, serta membangkitkan kembali Adaik Basandi Syarak, Syarak Basandi Kitabullah (ABS-SBK).

“HJK hakikatnya merupakan peringatan, sejauh mana amanah yang dititipkan dapat dipertanggungjawabkan di dunia dan akhirat. Kita memohon kepada Allah selalu diingatkan akan kebenaran dan menguatkannya serta mampu mencegah kemungkaran,” tuturnya.

Selain itu, dirinya juga mengingatkan semua pihak untuk menjaga kondisi damai dalam memasuki tahun politik Pemilu 2024.

“Pesan kami sebagai ninik mamak, mari kita bersama-sama saling menjaga, saling mengingatkan agar tercipta kondisi aman, damai tidak terpecah-pecah. Kita jadikan Padang Panjang sebagai parameternya politik di Sumatera Barat,” tandasnya.

Gubernur Sumatera Barat diwakili Staf Ahli Bidang Pembangunan Kemasyarakatan dan Sumberdaya, drh. Eri Rinaldi, M.M mengucapkan selamat atas HJK Padang Panjang ke-233. Menurutnya kemajuan pembangunan di Padang Panjang terus terwujud sampai saat ini.

Rinaldi mengajak masyarakat Padang Panjang bisa menghadapi berbagai persoalan datantangan ke depan. “Jawab tantangan dengan karya. Tunjukan melalui masyarakat Padang Panjang dan Pemko sebagai pengelola pemerintahan yang tangkas, terukur mewujudkan kesejahteraan,” ucapnya.

Pembangunan daerah, ujarnya, dihadapkan pada keterbatasan anggaran. Pemko harus bisa mencari solusi dengan optimalisasi masyarakat ranah dan rantau membangun negeri. Menarik investasi guna memacu pembangunan dan penggerak perekonomian.

Namun perlu kondisi yang kondusif dan kepastian hukum sesuai dengan kebutuhan riil kondisi geografis, demografi dan adat budaya setempat.

Rinaldi juga mengimbau masyarakat memberikan dukungan terhadap kesuksesan penyelenggaraan Pemilu 2024.

Pada momentum Rapat Paripurna HJK ke-233 ini, Pemko Padang Panjang turut menyerahkan Pin Emas kepada 10 tokoh masyarakat yang dinilai berjasa terhadap pembangunan kota di berbagai bidang.

Juga pembagian souvenir untuk seluruh hadirin dan undangan.

(AL)

Dapatkan update berita terbaru dari Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait