Bupati Lepas Kafilah Dharmasraya Berlomba di MTQ Nasional 2023

TOPSUMBAR – Bupati Dharmasraya, Sutan Riska Tuanku Kerajaan, memimpin kafilah Kabupaten Dharmasraya menuju ke Auditorium Dharmasraya, Pulau Punjung, untuk mengikuti MTQ Nasional ke-40 tingkat Provinsi Sumatera Barat di Solok Selatan pada Ahad 10 Desember 2023.

Acara ini dihadiri oleh berbagai pejabat dan tokoh masyarakat, seperti Ketua DPRD Kabupaten Dharmasraya, Sekda, Staf Ahli Bupati, Asisten, Kepala OPD, Kakan Kemenag, Ketua MUI Dharmasraya, Pimpinan Baznas, Camat, Kepala KUA se-Dharmasraya, dan undangan lainnya.

Dalam sambutannya, Bupati Sutan Riska Tuanku Kerajaan menyampaikan pentingnya keikutsertaan kafilah Dharmasraya dalam MTQ Nasional sebagai bagian dari upaya membangun karakter generasi unggul dan mulia. Beliau menekankan peran kafilah dalam meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat yang beriman dan bertaqwa.

Bacaan Lainnya

Ia juga menambahkan bahwa, bersama para hafiz dan penghafal Al-Qur’an serta qori-qoriah, kita hadir dalam MTQ Nasional sebagai wujud komitmen memajukan potensi generasi muda.

Melalui inovasi, kreativitas, dan kerja keras, kita ingin membangun daerah yang agamis, beradab, dan penuh prestasi, khususnya di bidang baca tulis Al-Qur’an.

Beliau juga menyoroti nilai-nilai universal dalam Al-Qur’an sebagai sumber inspirasi yang tidak pernah habis. Pemahaman mendalam terhadap nilai-nilai tersebut dianggap dapat memberikan kontribusi positif dalam membangun tatanan kehidupan yang aman, adil, dan bermartabat.

Ia menyampaikan bahwa, melalui MTQ, kita berharap implementasi nilai-nilai universal Al-Qur’an dapat menjadi target utama.

Pemerintah Kabupaten Dharmasraya akan terus memberikan dukungan, fasilitas, dan pembinaan jangka menengah serta panjang untuk memastikan keberlanjutan kompetisi ini.

Dalam konteks pendidikan Al-Qur’an, Bupati Sutan Riska Tuanku Kerajaan mengumumkan alokasi anggaran tahunan untuk pembinaan guru TPQ/MDA dan insentif bagi para guru sebagai bentuk apresiasi.

Selain itu, ia berharap kafilah Dharmasraya pada MTQ tingkat Provinsi Sumatera Barat tahun 2023 dapat meraih prestasi yang membanggakan daerah tersebut.

Dalam sambutannya a menyampaikan, “Pemerintah Kabupaten Dharmasraya berkomitmen memberikan bonus dan penghargaan bagi peserta yang berprestasi. Juara 1 berhak mendapatkan bonus sebesar Rp.35 juta, juara II Rp.30 juta, dan juara III Rp.25 juta. Kami mengajak kafilah untuk menjaga kesehatan, disiplin dalam berlatih, dan selalu meminta doa restu dari kedua orang tua. Selamat berjuang, semoga keikutsertaan ini membawa nama baik Kabupaten Dharmasraya di tingkat Provinsi Sumatera Barat,” tutup Bupati.

(YAN)

Dapatkan update berita terbaru dari Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait