Melahirkan Juara, DPRD Sumbar Fokus pada Identifikasi Bakat Olahraga

TOPSUMBAR – Ketua DPRD Sumatera Barat, Supardi, menekankan pentingnya pembinaan dan identifikasi bakat olahraga pada anak usia dini, yang harus diukur melalui pencapaian prestasi, demi kemajuan olahraga di Provinsi Sumatera Barat (Sumbar).

Pernyataan tersebut disampaikan oleh Ketua DPRD Sumbar, Supardi, saat membuka program Tes Minat Bakat Olahraga Anak Usia Dini pada Sabtu 18 November 2023 di Agam Jua Cafe Kota Payakumbuh. Program ini diikuti oleh 1000 siswa Sekolah Dasar (SD) se-Kota Payakumbuh.

Ia menyampaikan bahwa, program ini diselenggarakan dengan menggunakan anggaran pemerintah atau dana masyarakat.

Bacaan Lainnya

Penentuan bakat anak untuk pembinaan jangka panjang harus dipertanggungjawabkan dengan prestasi olahraga, baik di kota Payakumbuh maupun di seluruh Sumbar pada masa mendatang.

Supardi memberikan pesan kepada anak-anak usia dini yang cenderung memiliki berbagai hobi olahraga. Mereka perlu diarahkan untuk menemukan minat yang sesuai dengan potensi mereka.

Dari beragam olahraga yang diminati, satu olahraga harus dipilih dan ditekuni agar dapat memberikan dampak positif pada diri dan daerah mereka di masa depan.

“Memetakan bakat anak sejak dini adalah upaya strategis untuk menentukan kekuatan daerah secara lebih spesifik. Dengan pemetaan ini, pembinaan dapat lebih fokus dan terarah,” tambahnya.

Syahrial Bakhtiar, seorang pakar Talent Identification Development Internasional (TID), menekankan bahwa prestasi atlet bukanlah kebetulan. Proses panjang dan kompleks harus dijalani. Pembinaan dan identifikasi bakat harus dilakukan secara jelas dan maksimal.

Ia juga menambahkan,”Untuk memastikan pembinaan prestasi yang optimal dalam bidang olahraga, Indonesia perlu berkomitmen sungguh-sungguh dalam merancang dan melaksanakan identifikasi bakat calon atlet masa depan di berbagai cabang olahraga. Dengan pendekatan ini, atlet yang dibina akan sesuai dengan bakatnya di cabang olahraga masing-masing,” kata Syahrial Bakhtiar.

Dia juga menyarankan agar Indonesia mengadopsi program identifikasi bakat yang telah teruji keasliannya, seperti yang telah dilakukan oleh negara-negara maju di dunia.

Dapatkan update berita terbaru dari Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait