Jelang Tahun Ajaran 2024, Thawalib Padang Panjang Siapkan Asrama Baru Santri

TOPSUMBAR – Menjelang tahun ajaran baru 2024 Perguruan Thawalib Padang Panjang mempersiapkan bangunan asrama baru untuk ditempati oleh santri baru.

Langkah tersebut menurut Pengurus Yayasan Thawalib Padang Panjang Dr. Saiful Amin, Sabtu (4/11/2023), sebagai layanan terhadap penerimaan santri baru tahun 2024.

Ia menjelaskan, untuk tahun ajaran baru 2024 saat ini tengah dilakukan berbagai persiapan untuk penerimaan santri baru.

“Salah satu yang tengah dipersiapkan adalah bangunan gedung asrama baru untuk santri yang masuk tahun 2024 nanti,” ujarnya.

Persiapan untuk santri baru tersebut, kata Saiful Amin merupakan sebagai upaya dari Yayasan Thawalib dalam memberikan layanan terbaik seperti sarana prasarana bagi santri Thawalib.

“Persiapan gedung asrama baru  tiga lantai yang saat ini tengah proses pekerjaan pembangunan  berada di dalam kompleks Perguruan Thawalib bagian putra yang terletak di Jalan Abd Hamid Hakim 12, Kelurahan Pasar Usang, Padang Panjang,” jelasnya.

“Diharapkan pada tahun ajaran 2024 nanti, para santri baru Thawalib Putra sudah bisa menempati gedung asrama baru tersebut,” sambungnya.

Bangunan Rusun Thawalib

Terpisah, Fahmi yang juga pengurus Yayasan Thawalib, menjelaskan bangunan gedung asrama baru bagi santri putra merupakan bangunan rumah susun (Rusun) Thawalib bantuan dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) RI tahun anggaran 2023.

“Alhamdulillah Thawalib Padang Panjang mendapatkan bantuan pembangunan Rusun dari Kementerian PUPR RI tahun 2023,” ujarnya.

Pekerjaan pembangunan Rusun Thawalib, kata Fahmi tengah dalam pekerjaan dan diharapkan pada tahun 2024 sudah bisa dipergunakan.

“Rumah susun tersebut peruntukannya adalah untuk asrama bagi santri Thawalib Padang Panjang,” katanya.

Rumah susun Thawalib dengan biaya lebih Rp 6,7 miliar tersebut merupakan aspirasi yang diperjuangkan oleh anggota DPR RI Athari Gauthi Ardi dari Partai Amanat Nasional (PAN).

Sejak tahun 2022, Athari Gauthi Ardi memperjuangkan agar Thawalib Padang Panjang mendapatkan bantuan pembangunan Rumah Susun dari Kementerian PUPR RI.

“Alhamdulillah bulan Mei 2023 Thawalib Padang Panjang mendapatkan pemberitahuan resmi bantuan pembangunan Rumah Susun dan langsung proses pekerjaannya, ” kata Fahmi.

Dengan adanya bangunan rumah susun tersebut maka para santri baru Thawalib Putra tahun ajaran 2024 akan menempati gedung tersebut sebagai asrama santri.

(AL)

Pos terkait