4 Syarat dan Brosur KUR BRI 2023 Jawa Tengah, Jawa Barat, dan Jawa Timur

Syarat dan Brosur KUR BRI 2023 Jawa Tengah, Jawa Barat, dan Jawa Timur
(Syarat dan Brosur KUR BRI 2023 Jawa Tengah, Jawa Barat, dan Jawa Timur/Topsumbar.co.id)

Pada tahun 2023 ini, PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI)mendapatkan alokasi penyaluran KUR dari pemerintah sebesar Rp 270 triliun yang terbagi dalam tiga jenis KUR, yaitu KUR Mikro, KUR Kecil dan KUR TKI.

Tiga jenis KUR BRI 2023 tersebut menjadi solusi dalam mengembangkan usaha ataupun modal untuk bekerja di luar negri.

Masing-masing jenis KUR tersebut memiliki ketentuannya masing-masing. Untuk selengkapnya, mari pahami jenis-jenis KUR BRI tersebut.

Bacaan Lainnya

Jenis KUR BRI 2023 dan Persyaratannya

Terdapat tiga jenis KUR lewat Bank Rakyat Indonesia (BRI) yang disediakan oleh pemerintah bagi masyarakat, yaitu Mikro, Retail, dan TKI. Berikut adalah rinciannya:

1. KUR Mikro

KUR mikro adalah pinjaman untuk pengusaha kecil dalam skala mikro dengan batas pinjaman maksimal Rp25 juta. Besaran ini bisa berbeda-beda tergantung pada kebijakan bank penyalur.

Modal dipinjamkan kepada usaha kecil yang dinilai produktif dan berpotensi profit.

Bank penyalur mempertimbangkan kesanggupan peminjam untuk memenuhi tanggung jawabnya.

Beberapa syarat harus dipenuhi peminjam sebelum mengajukan program KUR, seperti keseriusan dalam menjalankan usaha, partisipasi dalam pelatihan kewirausahaan, dan usaha yang dikategorikan sebagai usaha produktif.

Terdapat dua kategori pelunasan pinjaman KUR Mikro: 3 tahun untuk kredit modal kerja dan 5 tahun untuk kredit investasi.

2. KUR Retail

KUR Retail ditujukan untuk pengusaha kalangan menengah yang mampu membayar cicilan dengan bunga flat atau anuitas setara.

Batas maksimal pinjaman KUR retail adalah Rp500 juta dengan jangka waktu pengembalian yang cenderung lebih panjang, yaitu 4 tahun untuk modal kerja dan 5 tahun untuk investasi.

Persyaratan pengajuan KUR retail mirip dengan KUR mikro, namun, pengajuan KUR retail memerlukan agunan atau jaminan.

3. KUR TKI

Selain untuk pelaku UMKM, KUR juga menyasar siapa pun yang membutuhkan modal awal, termasuk untuk Tenaga Kerja Indonesia (TKI) di luar negri.

Pos terkait