6 Jenis Pinjaman Tercatat SLIK OJK, Kredit Macet atau Lancar? Cek BI Checking dengan E-KTP

6 Jenis Pinjaman Tercatat Slik OJK, Kredit Macet atau Lancar, Cek BI Checking dengan E-KTP
(Ilustrasi: 6 Jenis Pinjaman Tercatat Slik OJK, Kredit Macet atau Lancar, Cek BI Checking dengan E-KTP/Topsumbar.co.id)

Topsumbar – Mari simak apa saja jenis pinjaman/kredit yang tercatat di Sistem Layanan Informasi Keuangan (SLIK) OJK dan cara agar mengetahui skor kredit kamu dengan E-KTP.

Sebelum mengajukan pinjaman ke bank konvensional maupun lewat fintech yang menyediakan pinjaman online (pinjol), tentunya kamu perlu mengetahui tentang riwayat kredit kamu.

Nah, dalam artikel ini terdapat jenis pinjaman yang tercatat di sistem layanan di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) tersebut dan cara mengetahui kamu memiliki kredit macet atau lancar.

Bacaan Lainnya

Jenis Pinjaman/Kredit yang tercatat di SLIK OJK

Beberapa jenis pinjaman atau kredit yang tercatat di SLIK OJK adalah sebagai berikut:

1. Pinjaman Bank untuk Kredit Konsumtif

Jenis pinjaman yang tercatat di SLIK OJK yang pertama adalah pinjaman dana tunai melalui produk pembiayaan konsumtif yang di sediakan oleh bank (BRI, Mandiri, BNI, BCA, dll).

2. Pinjaman Online (Pinjol)

Pinjaman online yang dimaksud di sini adalah jenis pinjaman berbasis fintech, seperti AdaKami, Kredit Pintar, Kredivo, AkuLaku, dll.

Riwayat cicilan/angsuran debitur yang mendapatkan pinjaman melalui platform tersebut akan tercatat di SLIK OJK.

3. Kredit Tanpa Agunan (KTA)

KTA adalah kredit yang diberikan bank dalam bentuk uang tunai, yang dapat diperoleh tanpa memberikan agunan. Riwayat pinjaman dari jenis kredit ini akan tercatat di SLIK OJK.

Jenis kredit ini umumnya disediakan bank untuk berbagai keperluan, diantaranya biaya pendidikan, renovasi rumah, modal kerja, dan untuk kebutuhan lainnya dengan jangka waktu kredit fleksibel.

4. Kredit Pemilikan Rumah (KPR)

Kredit Pemilikan Rumah atau KPR adalah suatu fasilitas kredit yang diberikan oleh perbankan kepada para nasabah perorangan yang akan membeli atau memperbaiki rumah. History atau catatan pinjaman KPR juga akan tercatat di SLIK OJK.

5. Kredit Kendaraan Bermotor (KKB)

Selanjutnya, jenis pinjaman/kredit yang akan tercatat di SLIK OJK adalah Kredit Kendaraan Bermotor (KKB) yang di ajukan melalui bank yang diawasi oleh OJK.

Kredit Kendaraan bermotor (KKB) adalah kredit konsumer yang diberikan kepada perorangan, untuk membiayai kepemilikan kendaraan roda dua atau roda empat (kecuali truk) baik kendaraan baru atau bekas melalui bank (BRI, BCA, Mandiri, BNI, dll).

6. Kredit Usaha Rakyat (KUR)

Kredit Usaha Rakyat atau KUR merupakan program dari pemerintah dalam meningkatkan akses pembiayaan kepada Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) yang disalurkan melalui lembaga keuangan.

Semua riwayat pembayaran angsuran/cicilan dari jenis pinjaman KUR akan tercatat langsung di SLIK OJK. (DANA Kaget)

Cara melihat..

Pos terkait