Wawako Padang Panjang Asrul Launching Aplikasi Simpel, Terobosan Terbaru Perumdam Tirta Serambi

TOPSUMBAR –  Wakil Wali Kota (Wawako) Padang Panjang Asrul luncurkan (Launching, red) aplikasi Simpel, sebuah aplikasi terobosan terbaru Perusahaan Umum Daerah Air Minum (Perumdam) Tirta Serambi kota Padang Panjang pada Selasa (26/9/2023) di halaman kantor Perumdam setempat.

Wawako Asrul saat melaunching aplikasi Simpel singkatan dari Sistem Informasi Manajemen Pelayanan itu, turut didampingi Ketua DPRD kota Padang Panjang Mardiansyah dan Direktur Perumdam Tirta Serambi, Adrial A. Bakar.

Lauching juga disaksikan Forkopimda, Pimpinan Cabang Bank Nagari Padang Panjang, Pimpinan Cabang Bank Nagari Syariah Padang Panjang, OPD terkait, Direktur Perumdam Solok dan pihak terkait lainnya.

Dikutip dari siaran pers Kominfo Padang Panjang, Rabu (27/9) 2023), Simpel berasal dari gabungan database Aplikasi Geographic Information System (GIS) dan Smart Water Management System (SWMS) yang telah diolah karyawan Perumdam secara mandiri menjadi berbasis GIS (Sistem Informasi Geospasial).

Wawako Asrul dalam sambutannya, mengapresiasi Perundam Tirta Serambi dengan terobosan terbarunya aplikasi Simpel.

Ia meminta setelah dilaunching segera sosialisasikan kepada seluruh stakeholder dan memanfaatkan aplikasi Simpel ini dengan sebaik-baiknya.

“Tujuan penggunaan aplikasi ini memudahkan pemantauan semua aspek operasional dan aspek layanan. Bisa meningkatkan kecepatan dan ketepatan pengambilan keputusan. Ini juga sebagai media informasi untuk pegawai dan pelanggan Perumdam yang dapat diakses dari semua peralatan yang terhubung ke internet,” ujar Wawako Asrul.

Sementara itu, Direktur Perumdam Tirta Serambi Adrial A. Bakar, mengatakan pihaknya sebelumnya sudah mengembangkan berbagai aplikasi pendukung operasional, kemudian melanjutkan integrasi untuk semua aplikasi menjadi berbasis Informasi Geospasial (IG).

“Tujuannya agar seluruh data dapat tampil pada satu peta untuk memudahkan pemantauan serta pengendalian operasional dalam menunjang pelayanan pelanggan yang efektif, efisien dan ekonomis. Aplikasi ini bernama WebGIS Simpel Perumdam Tirta Serambi Kota Padang Panjang,” ujar Adrial.

Diterangkannya, aplikasi Simpel ini dapat diakses melalui portal simpel.pdampadangpanjang.co.id.

Ada tiga keunggulan dari inovasi Simpel, yaitu kemudahan untuk dipantau pada satu layar peta berbasis spasial terkait semua aspek operasional dan aspek pelayanan pelanggan. Memudahkan dan dapat membantu meningkatkan kecepatan pengambilan keputusan yang tepat pada lokasi yang akurat.

Database Simpel ini berisikan Data Sumber Air, Bangunan Pengolahan, Bak Penampung (reservoir), Sistem jaringan perpipaan yakni transmisi dan distribusi. Serta data atau lokasi pelanggan (sambungan langganan),

Lalu, sistem ini dapat dikontrol di ruangan khusus (Command Room) dan juga bisa diakses dari semua device yang terhubung dengan internet.

“Ini memanfaatkan basis data SWMS sebelumnya yakni sensor-sensor. Mulai dari CCTV meter produksi dan distribusi, tekanan aliran pada jaringan perpipaan, bak reservoir serta dan on off pompa produksi,” terang Adrial.

Pada momentum peluncuran aplikasi Simpel ini Perumdam Tirta Serambi memberikan tiga sambungan air gratis kepada pelanggannya.

(AL)

Pos terkait