Keindahan Alam Sumatera Barat, Destinasi Wisata 11-12 dengan Luar Negeri

Keindahan Alam Sumatera Barat, Destinasi Wisata 11-12 dengan Luar Negeri. (Foto : Pixabay)
Keindahan Alam Sumatera Barat, Destinasi Wisata 11-12 dengan Luar Negeri. (Foto : Pixabay)

Keindahan Lembah Harau juga mencakup segi geografi dan geologi. Di dalamnya terdapat tujuh air terjun yang memukau, seperti Air Terjun Aka Barayun, Sarasah Donat, Sarasah Boenta, Sarasah Talang, dan Sarasah Murai, masing-masing dengan ketinggian berbeda antara 50 hingga 90 meter.

Air terjun ini mengalir dari puncak jurang yang membentang di sepanjang Lembah Harau. Terbentuknya lembah ini adalah hasil dari pergerakan geologis, dengan patahan turun atau block yang membentuk cekungan luas dan datar yang menjadi ciri khas lembah ini.

Bahkan beberapa ahli geologi mempercayai bahwa Lembah Harau dahulu merupakan lautan, didukung oleh temuan berbagai endapan yang masih utuh, menguatkan teori bahwa daerah ini adalah laut di masa lalu. Temuan dari survey tim geologi Jerman yang mempelajari jenis bebatuan di Lembah Harau pada tahun 1980 juga mengungkapkan bahwa batuan di perbukitan ini adalah batuan Breksi dan Konglomerat, yang biasanya ditemukan di dasar laut.

Bacaan Lainnya

Dengan beragam keajaiban alam yang mirip dengan destinasi luar negeri, Sumatera Barat adalah tempat yang memikat bagi para pelancong. Dari padang rumput luas yang mengingatkan pada New Zealand hingga keindahan pantai ala Bali, provinsi ini menawarkan pengalaman wisata yang luar biasa.

Salah satu dari semua destinasi ini adalah Lembah Harau, yang tak hanya mempesona dengan kecantikan alamnya, tetapi juga menghadirkan mitos dan sejarah yang kaya. Jadi, jangan lewatkan kesempatan untuk menjelajahi Lembah Harau dan destinasi-destinasi menakjubkan lainnya di Sumatera Barat. Selamat berpetualang, dan nikmatilah keindahan alam yang begitu memesona di negeri ini!

(Fiyu/MH)

Pos terkait