10 Fakta Unik tentang Provinsi Sumatera Barat

TOPSUMBAR – Sumatera Barat adalah sebuah provinsi di Indonesia yang terletak di Pulau Sumatera dan Ibu kota Padang.

Sumatera Barat terletak di pesisir barat Sumatera Tengah, berbatasan dengan Dataran Tinggi Bukit Barisan di sebelah timur, dan terdapat banyak pulau seperti Kepulauan Mentawai di sepanjang pantainya.

Dari utara ke selatan, provinsi ini memiliki luas 42.012,89 kilometer persegi dan berbatasan dengan empat provinsi yaitu Sumatera Utara, Riau, Jambi, dan Bengkulu.

Bacaan Lainnya

Sumatera Barat merupakan rumah bagi suku Minangkabau, meskipun wilayah adat Minangkabau sendiri lebih luas dibandingkan wilayah administratif Sumatera Barat saat ini.

Sumatera Barat terkenal dengan makanan, budaya, tempat wisata dan sejarahnya.

Sumatera Barat terdiri dari 12 kabupaten dan 7 kota.Pembagian administratif seluruh kabupaten (kecuali Kabupaten Kepulauan Mentawai) terbagi dalam wilayah administratif yang disebut nagari.

Daerah tersebut dikenal dengan nama Nagari Minangkabau atau Tanah Minang karena sebagian besar suku yang tinggal di provinsi tersebut adalah Minangkabau. Dibalik itu semua banyak fakta menarik tentang Sumatera Barat.

Banyak fakta menarik dan unik tentang Sumatera Barat. Tentu saja tidak ada di provinsi lain.

Apapun itu, karena Sumatera Barat punya semuanya, termasuk hal-hal unik yang hanya ada di Sumbar sendiri, seperti 10 hal berikut ini:

1. Makanan Rendang Asli Sumatera Barat

Makanan rendang merupakan salah satu makanan kebanggaan Indonesia bahkan sudah resmi menjadi istilah dalam Kamus Oxford. Namun perlu diketahui fakta asal muasal rendang yaitu masyarakat Padang membutuhkan makanan yang bisa bertahan lebih dari dua bulan dan rendang merupakan salah satu makanan yang bisa diawetkan dalam jangka waktu yang lama.

Rendang merupakan makanan yang sangat unik karena berbahan dasar daging namun dapat disimpan dalam jangka waktu lama jika dimasak dengan benar.

Tak hanya itu, Rendang bahkan dinobatkan sebagai makanan terlezat di dunia oleh CNN International. Rendang mengalahkan 49 hidangan lezat lainnya dari seluruh dunia. Jadi wajar saja jika semua orang tergila-gila dengan rasa rendang yang unik.

Rendang sangat populer di Indonesia dan sering menjadi hidangan utama di restoran Padang di seluruh dunia.

Selain di Indonesia, rendang juga terkenal di negara-negara Asia Tenggara seperti Malaysia, Singapura, Brunei, Filipina, dan Thailand. Namun terdapat perbedaan yang signifikan antara rendang Indonesia dengan rendang negara Asia Tenggara lainnya.

Pos terkait