Tujuh Jenis Rumah Gadang yang Wajib Diketahui Jika Kamu Orang Minangkabau

Jenis-jenis Rumah Gadang di Sumatera Barat (foto: Topsumbar.co.id)

TOPSUMBAR – Rumah Adat di Indonesia memiliki banyak sekali jenis dan bentuk, dengan banyak nya daerah Indonesia dan banyaknya suku. Rumah Adat dijadikan simbol keunikan sukunya masing-masing. Seperti hal nya Rumah Gadang di Sumatera Barat.

Rumah Gadang di Sumatera Barat memiliki banyak jenis, rumah adat ini adalah hal yang sangat wajar dikarenakan suku-suku yang ada di Sumatera Barat juga banyak jenisnya. Setiap suku dan kaum juga memiliki corak jan jenis Rumah Gadang tersendiri, berbagai daerah di Sumatera barat memiliki rumah adat yang unik.

Berikut jenis-jenis Rumah Gadang di Sumatera Barat yang sudah dirangkum yakni:

Bacaan Lainnya

1. Rumah Gadang Batingkek

Rumah Gadang yang ada di Sumatera Barat yang memiliki keunikan yang sangat banyak, keunikanya adalah dari segi bangunan yang memiliki bentuk yang berbeda disetiap fungsinya, contohnya Rumah Gadang Batingkek yang berada di Istana Baso Pagaruyuang Batusangkar.

Rumah Gadang tersebut memiliki dua lantai, tetapi Batingkek yang berarti bertingkat adalah gonjong atapnya yang bertingkat dari yang kecil ke yang besar.

Rumah Gadang kebanggaan warga Sumatera Barat ini wajib untuk dikunjungi, sebab Istana Baso Pagaruyuang sudah menjadi objek wisata andalan di Kabupaten Tanah Datar.

2. Rumah Gadang Gajah Maram

Rumah Adat yang berada di Sumatera Barat ini banyak ditemukan di daerah Solok Selatan, tepatnya beralamat di Nagari Koto Baru, Kecamatan Sungai Pagu, Kabupaten Solok Selatan Provinsi Sumatera Barat.

Rumah adat Gajah Maram merupakan Rumah Adat Suku Melayu, keunikan rumah adat tersebut memiliki empat rangkiang yang saling berjejeran di depan rumah adat tersebut.

3. Rumah Gadang Gonjong Limo

Rumah adat yang banyak ditemukan di daerah Kota Payakumbuh, Luhak Limo Puluah Koto. Rumah adat ini memiliki ciri khas bangunan adanya tambahan gonjong pada kanan dan kiri bangunan, mirip dengan Rumah Gadang Gajah Maharam tetapi rumah adat ini tidak memiliki anjuang.

4. Rumah Gadang Gonjong Ampek Baanjuang

Rumah adat yang bisa ditemukan di daerah Luhak nan Tigo, Padang. Bangunan rumah adat ini memiliki keunikan pada jumlah ruangan di dalam rumah adatnya yang ebih dari tujuh ruangan, memiliki empat buah gonjong, dan memiliki tambahan anjung pada sisi kanan dan kiri bangunan.

5. Rumah Gadang Gonjong Anam

Rumah adat asli Kota Padang ini bisa ditemukan dimanapun, rumah adat Gonjong Anam merupakan salah satu rumah gadang yang memiliki arsitektur yang cukup modern. Ciri khas rumah adat ini dapat ditemukan dari jumlah jendelanya yang banyak dan salangkinya yang terbuat dari kayu.

Ruangan yang ada di dalam Rumah Gadang Gonjong Anam ini juga sudah banyak dimodifikasi dan mempunyai lebih banyak ornamen khas Minang.

6. Rumah Gadang Surambi Papek

Rumah Gadang yang berasal dari Sumatera Barat ini memiliki keunikan yaitu, akses pintu berbeda jika ingin masuk harus melewati pintu utama yang berada di depan dan jika ingin keluar harus melewati pintu yang lain berada dibelakang rumah adat itu.

Selain itu, rumah ini juga mempunyai pengakhiran di bagian kanan dan kiri yang disebut bapamoko.

7. Rumah Gadang Gonjong Sibak Baju

Salah satu Rumah Gadang di Sumatera Barat yang biasa ditemukan di desa Pariangan ini memiliki inspirasi bentuk menyerupai baju yang disibak. Oleh karena itu gonjongnya hanya dua tingkat dan memiliki tanduk pada setiap ujungnya.

Itulah deretan Rumah Gadang yang berhasil dirangkum, jika di daerah mu masih ada jenis rumah gadang lainnya akan kami ulas pada edisi selanjutnya.

(Wandy)

Pos terkait