SMP Hikmah Padang Panjang Raih Prestasi di Ajang KSSN dan Kihajar STEM, Lolos Ke Tingkat Nasional

SMP Hikmah Padang Panjang Raih Prestasi di Ajang KSSN dan Kihajar STEM, Lolos Ke Tingkat Nasional
SMP Hikmah Padang Panjang Raih Prestasi di Ajang KSSN dan Kihajar STEM, Lolos Ke Tingkat Nasional

TOPSUMBAR – SMP Hikmah kota Padang Panjang yang bernaung di bawah Pesantren Darul Hikmah Boarding School, melalui siswa siswinya raih prestasi di ajang Kompetisi Sains Siswa Nusantara (KSSN) tingkat provinsi Sumatera Barat dan ajang Kihajar STEM (Science Technology Engineering and Math) tingkat nasional).

Pada ajang KSSN tingkat provinsi Sumatera Barat, siswa SMP Hikmah atas nama Hanif Sabil siswa kelas IX.2 berhasil meraih perak dan lolos ke tingkat nasional.

Sedangkan pada ajang Kihajar STEM, tiga siswi SMP Hikmah atas nama Schersalova Hanabasael, Arya Syifa Fadillah dan Nailah Ade Azzahra lolos pada babak Intermediate sebagai perwakilan Provinsi Sumatera Barat untuk melanjutkan pada babak Kihajar STEM Advanced tingkat Nasional.

Bacaan Lainnya

Hal itu diungkapkan oleh Kepala Sekolah SMP Hikmah Padang Panjang, Fanhas Chandra, S. Pd, melalui keterangan tertulis diterima Topsumbar.co.id, pada hari Kamis, 32 Agustus 2023.

Dia menjelaskan, KSSN merupakan olimpiade bidang studi IPA, IPS, Matematika dan Bahasa Inggris yang diselenggarakan oleh Sains tech.id dan Bima Competition.

Pada KSSN ini, SMP Hikmah mengutus Hanif Sabil siswa kelas IX.2 untuk ikut serta dalam kompetisi bidang studi IPA dan IPS yang dilaksanakan pada tanggal 27 Agustus 2023. Hanif Sabil didampingi oleh guru pembimbing Febri Yenti, S.Pd.

“Alhamdulillah Hanif mengukir prestasi meraih medali perak pada bidang studi IPA dan IPS dan mewakili Sumatera Barat pada ajang KSSN tingkat Nasional,” jelas dia.

Kemudian, sebut Fanhas pada tanggal 29 Agustus 2023 kemaren, Hanif Sabil melanjutkan kompetisi tersebut di tingkat nasional dan mendapatkan peringkat 172 pada bidang studi IPA dan peringkat 245 pada bidang studi IPS.

“Peringkat tersebut berdasarkan siswa dan siswi yang ikut serta KSSN se-Indonesia,” sebutnya.

Sedangkan kompetisi Kihajar STEM, terang Fanhas merupakan wadah eksplorasi untuk peserta didik pada satuan pendidikan SD, SMP, SMA & SMK untuk berpikir kritis, kreatif dan mampu berkolaborasi dan berkomunikasi dengan mengembangkan proyek atau menyelesaikan masalah yang terjadi dikehidupan sehari-hari berbasis STEM (Science, Technology, Engineering, Mathematics) dalam mendukung penguatan profil pelajar Pancasila yang diselenggarakan oleh Balai Layanan Platform Teknolosi KEMENDIKBUDRISTEK.

“Pelaksanaan Kihajar STEM 2023 dilaksanakan secara daring diikuti oleh peserta didik dari 38 Provinsi se Indonesia,” terangnya.

Ditambahkannya, pada kompetisi Kihajar STEM ini, SMP Hikmah pada tanggal 26 Agustus 2023 mengutus beberapa siswa dan siswi untuk ikut serta dalam perlombaan dengan didampingi oleh guru pembimbing Nefrima Sartika, S.Pd., Gr. dan Febri Yenti, S.Pd.

“Alhamdulillah tiga siswi SMP Hikmah atas nama Schersalova Hanabasael, Arya Syifa Fadillah dan Nailah Ade Azzahra lolos pada babak Intermediate sebagai perwakilan Provinsi Sumatera Barat untuk melanjutkan pada babak Kihajar STEM Advanced (Nasional),” pungkasnya. (AL)

Pos terkait