Ngantuk Setelah Sarapan? Ini Tips Usir Ngantuk Usai Sarapan

Ngantuk Setelah Sarapan? Ini Tips Usir Ngantuk Usai Sarapan (Foto: Topsumbar.co.id)
Ngantuk Setelah Sarapan? Ini Tips Usir Ngantuk Usai Sarapan (Foto: Topsumbar.co.id)

TOPSUMBAR – Sarapan merupakan aktivitas yang menjadi suatu hal wajib bagi sebagian orang sebelum memulai aktivitas. Sarapan dimulai dari pukul 06.00 WIB sampai pada pukul 10.00 WIB

Sarapan pagi yang baik dapat membantu kita lebih fokus dan bekerja maksimal di pagi hari. Menu sarapan pagi juga berbeda dengan menu untuk makan siang dan malam.

Seringkali kita melewatkan sarapan karena tidak punya waktu atau hanya sekedar malas, padahal sarapan penting karena makanan yang di konsumsi saat sarapan adalah sumber tenaga untuk mengawali hari.

Bacaan Lainnya

Namun, banyak yang mengeluhkan jika setelah sarapan membuatnya mengantuk dan kurang semangat menjalani pagi, itu mungkin karena ada beberapa makanan yang sering di konsumsi orang Indonesia yakni gorengan, bubur ayam, nasi uduk, sate, lontong sayur dan ketoprak.

Karbohidrat berlebih akan membebani kerja sistem pencernaan sehingga usus membutuhkan oksigen lebih banyak untuk bekerja, ini menyebabkan kebutuhan oksigen di organ lain di alihkan ke saluran pencernaan termasuk otak.

Hal inilah yang kerap membuat mengantuk usai sarapan dan membuat tubuh kita menguap untuk mendapatkan oksigen lebih banyak. Selain itu, karbohidrat sederhana meningkatkan gula darah secara cepat.

Sumber dari karbohidrat sederhana yang dimakan akan diserap yang kemudian diubah menjadi sumber energi dalam bentuk glukosa yang masuk ke aliran dalam darah (gula darah) untuk cepat di jadikan sumber energi bagi tubuh dan otak.

Kadar gula darah yang tiba-tiba tinggi dan merosot mengakibatkan seseorang muda mengantuk dan membuat otak tidak mampu bekerja secara optmal. Berbeda dengan karbohidrat sederhana ada yang namanya karbohidrat komplek yang justru baik di konsumsi sebagai menu untuk sarapan, di antaranya :

  • Buah-buahan
  • Kacang-kacangan
  • Ubi
  • Oatmeal
  • Roti Gandum
  • Gado-gado

Jenis karbohidrat makanan ini mengandung serat yang tinggi sehingga di sebut dengan karbohidrat kompleks. Karbohidrat kompleks mengandung gula yang waktu cernanya di dalam tubuh lebih lama.

Maka dari itu pilihlah menu sarapan yang mengandung karbohidrat kompleks  dan dengan jumlah yang tidak berlebihan agar tidak menyebabkan kantuk.

Namun, jika terlanjur mengonsumsi sarapan pencetus ngantuk, cobalah untuk berjalan keluar ruangan sembari berolahraga ringan dan sedikit peregangan agar ngantuk hilang dan tetap dapat menjalani hari dengan semangat produktif. (MHF)

Pos terkait