Musibah Pinjaman Paylater: Bikin Susah dapat Kerja, KPR Ditolak, Beasiswa pun jadi Korban

Musibah Pinjaman Paylater Bikin Susah dapat Kerja, KPR Ditolak, Beasiswa pun jadi Korban
Musibah Pinjaman Paylater Bikin Susah dapat Kerja, KPR Ditolak, Beasiswa pun jadi Korban (foto ilustrasi: Topsumbar.co.id/pexels)

Menurutnya, salah satu penyebab pengguna paylater meningkat tajam adalah proses persetujuan pembiayaan yang mudah dan cepat serta promo-promo yang menarik.

“PP BNPL menawarkan berbagai jenis promo kepada para calon debiturnya antara lain program diskon, cashback, program cicilan 0 persen dan sebagainya,” pungkasnya.

Musibah Pijaman Paylater karena Gagal Bayar

Dikutip dari cnbcindonesia.com, Jumat (25/08/2023) terdapat berbagai resiko jika pengguna gagal membayar (galbay) paylater, mulai dari susah dapat pekerjaan, pengajuan Kredit Pemilikan Rumah (KPR) ditolak dan sulit mendapatkan beasiswa.

Bacaan Lainnya

1. Ditolak saat melamar pekerjaan

Saat gagal bayar (galbay) Paylater yang pertama, resiko yang bisa muncul adalah ditolak saat melamar pekerjaan.

Dalam sebuah kiriman di media sosial X (dulu Twitter), seorang pengguna menulis soal sejumlah anak muda yang gagal melamar di kantor tempat dia bekerja lantaran tercatat memiliki kredit macet.

“Gilaaa, 5 orang freshgrad daftar di kantor tmptku kerja, kelimanya gak ada yang lolos karena BI Checking Kol 5, uwaww,” tulis pengguna X dengan username @kawtuz, Senin (21/8/2023).

Seperti yang diketahui, terdapat 5 jenis kolektibilitas (Kol) Kredit Perbankan. Yakni: Kol. 1 (lancar), Kol. 2 (dalam perhatian khusus), Kol. 3 (kurang lancar), Kol. 4 (diragukan), dan Kol 5. (macet).

Belum diketahui apakah kelima orang tersebut memiliki kredit macet di paylater atau lainnya.

Yang jelas, tunggakan BNPL alias utang paylater bisa menyulitkan peminjamnya.

Hal tersebut seperti yang dijelaskan Kepala Eksekutif Pengawas Perilaku Pelaku Usaha Jasa Keuangan, Edukasi dan Pelindungan Konsumen OJK Friderica Widyasari Dewi pada Senin (21/8/2023).

Friderica menyebut, dampak nyata tunggakan BNPL yang berasal dari anak muda sudah terlihat, yakni membuat mereka sulit mendapatkan pinjaman-pinjaman untuk hal-hal yang lebih penting.

2. Sulit mendapatkan KPR

Untuk diketahui, ternyata pijaman paylater yang tidak dilunasi, juga berpengaruh kepada pengajuan kredit rumah di perbankan.

“Beberapa bank kemarin mengeluhkan tanda kutip ke kami ini, anak-anak muda banyak yang harusnya ngajuin KPR rumah pertama, tapi tidak bisa karena ada utang di paylater,” ujarnya kepada wartawan di Gedung Radius Prawiro, dikutip Senin (21/8/2023).

Pos terkait