Lima Alat Musik Milik Sumatera Barat dan Sejarah yang Harus Diketahui

Lima Alat Musik Milik Sumatera Barat dan Sejarah yang Harus Diketahui. (Foto: Topsumbar.co.id)
Lima Alat Musik Milik Sumatera Barat dan Sejarah yang Harus Diketahui. (Foto: Topsumbar.co.id)

TOPSUMBAR – Sumatera Barat punya kesenian dan kebudayaan khasnya yaitu alat musik hingga alat musik khas Sumatera Barat itu juga dapat dipelajari anak-anak.

Hal selanjutnya sebab alat-alat musik Sumatera Barat punya keunikan yang menarik dipelajari.

Sumatera Barat adalah salah satu provinsi di Indonesia yang punya banyak hal populer berasal dari budayanya. Mulai berasal dari makanan, busana adat, seni musik, seni tari, hingga kerajinan tangannya.

Bacaan Lainnya

Alat musik tradisional Sumatera Baat, layaknya alat musik tradisional dari tempat lainnya merupakan warisan budaya yang sewajarnya diperkenalkan ke generasi penerus dan dilestarikan.

Alat musik khas selanjutnya juga mendapat dampak berasal dari budaya Melayu.

Selain cara memainkannya yang lumayan beragam, jenisnya juga menaikkan kekayaan khasanah budaya bangsa Indonesia. Setidaknya terkandung 18 tipe alat musik yang berasal berasal dari Sumatera Barat.

Instrumen-instrumen ini berusia puluhan hingga ratusan th. dan terbuat berasal dari material yang mudah didapatkan berasal dari alam layaknya bambu, kayu, kulit hewan, dan lain sebagainya.

Beberapa alat musik yang tradisional yang banyak digunakan terhadap kala itu adalah rebana, talempong, aguang, serunai, dan saluang.

Biasanya alat musik tradisional dimainkan dalam acara-acara adat tertentu untuk mengiringi pertunjukan kesenian seperti tarian.

Lalu apa saja alat musik tradisional dari Minangkabau? Berikut adalah rangkumannya.

1. Talempong

Cara memainkan alat musik ini lumayan sederhana, yakni dengan memukul poros cembung anggota sedang dan ikuti rima dan irama musik berasal dari instrumen lainnya.

Hampir mayoritas alat musik pengiring tarian kebiasaan Sumatera Barat ditambah dengan alat musik Talempong sebagai salah satu instrumennya.Beberapa tarian kebiasaan Sumatera Selatan selanjutnya diantaranya adalah Tari Pasambahan, Tari Indang, Tari Piring dan lain-lain.

Alat musik model ini miliki bentuk lingkaran dengan anggota tengahnya sedikit menonjol ke atas. Sederhananya, alat musik model ini menyerupai bonang didalam Gamelan Jawa. Bahan material berasal dari alat musik model ini adalah kuningan, kayu sampai batu.

Pos terkait