Legenda Tempat Wisata Lembah Harau, Inyiak Balang Hingga Keringnya Lautan

Legenda Lembah Harau (Foto Kolase Pemkab 50 Kota)
Legenda Lembah Harau (Foto Kolase Pemkab 50 Kota)

TOPSUMBAR – Sumatera Barat memiliki sangat banyak objek wisata yang menawarkan pemandangan yang indah. Salah satunya adalah Lembah Harau yang terletak di Kabupaten 50 Kota.

Lembah Harau menyajikan pemandangan yang indah dengan tebing-tebing tinggi yang menjulang dengan hutannya yang masih hijau.

Tempat wisata yang satu ini merupakan salah satu primadona di Sumatera Barat selain Jam Gadang dan lokasi wisata Mandeh.

Bacaan Lainnya

Tetapi, siapa sangka, Lembah Harau ini memiliki mitos dan juga legenda yang sampai saat ini masih terus diceritakan kepada generasi muda.

Berikut ini adalah legenda dan mitos yang sering diceritakan oleh warga sekitar kepada generasi muda tentang keberadaan Lembah Harau.

Baca juga: Fakta dan Mitos Danau Singkarak, Ikan Bilih Hingga Minta Tumbal Setiap Tahun

1. Kerajaan Besar di Puncak Lembah Harau

Dilansir dari chanel Youtube Legenda Senja, narator menjelaskan bahwa konon pada zaman dahulu kala terdapat sebuah kerajaan yang besar di puncak Lembah Harau.

Sementara bagian perkampungan yang saat ini dihuni oleh masyarakat merupakan lautan samudera yang dalam yang mengelilingi daerah kerajaan tersebut.

Kerajaan tersebut memiliki seorang puteri yang cantik dan ingin menikah dengan seorang pemuda. Niatnya tersebut ditentang oleh sang raja.

Sehingga puteri tersebut memutuskan untuk melompat ke lautan karena tidak diizinkan untuk menikah dengan seorang pemuda pilihannya.

Raja yang mengetahui hal itu memerintahkan prajuritnya untuk mengeringkan air laut dan mencari jasad puterinya itu. Meskipun telah mengeringkan air laut tersebut, namun jasad sang puteri tetap tidak ditemukan.

Legenda tersebut diperkuat dengan adanya sebuah penelitian yang dilakukan oleh tim Geologi dari Jerman pada tahun 1980 silam.

Pos terkait