Kejurda Esports Padang Panjang Berakhir, Berlangsung Sukses dan Dapat Pujian dari Walikota

TOPSUMBAR – Kejuaraan Daerah (Kejurda) yang digelar Esport Indonesia (ESI) Padang Panjang resmi berakhir, Minggu (13/8/2023).

Kejurda dalam rangka menjaring atlet serta memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) RI ke-78 itu berlangsung sukses dan dapat pujian dari Wali Kota Padang Panjang, Fadly Amran.

“Ketua bersama pengurus berupaya keras agar kawan-kawan bisa berlaga di sini. Tentunya ini tidak mudah,” kata Wako Fadly Amran saat menutup Kejurda tersebut, Ahad (13/8/2023) malam, di Menyala Cafe, dikutip dari laman Kominfo Padang Panjang, Senin (14/8/2023).

“Meskipun keterbatasan dana yang diperoleh dari KONI, ESI ternyata mampu memenuhi dengan mencari berbagai sponsor,” sambungnya memuji ESI Padang Panjang.

Saat penutupan kejurda Esport tersebut, Wako Fadly Amran hadir bersama Wakil Wali Kota, Asrul, mantan Kepala Cabang Bank Nagari, Zulhendri selaku salah seorang sponsor dan undangan lainnya.

Wako Fadly menuturkan, Esports kini merupakan cabang olahraga yang diperhitungkan. Untuk itu ia meminta para atlet berlatih dengan tekun. Memilih menjadi atlet esports, sebutnya, sama seperti atlet lain. Butuh keseriusan,  berlatih dan berkompetisi.

“Bukan hanya sekadar bermain game, perlu evaluasi layaknya seperti atlet profesional. Apapun kebiasaan kita, hobi kita, seriusi di situ. Ini bisa menjadi sumber penghasilan,” tuturnya.

Sementara itu, Ketua KONI Kota Padang Panjang, Primer, mengatakan cabang olahraga Esports berada di bawah KONI.

“ESI telah mengadakan kejuaraan hari ini, turut di-support KONI. Kepada yang bertanding, mari lebih tingkatkan prestasinya agar bisa berpartisipasi di Porprov 2023, November nanti,” ujarnya.

Ketua ESI Padang Panjang, Arya Saputra menyampaikan, pada event itu digelar tiga nomor perlombaan yaitu Mobile Legend diikuti 28 tim, PES (24 tim), dan PUBG (45 tim). Peserta tidak hanya dari Kota Padang Panjang tetapi dari berbagai daerah di Sumbar termasuk dari Riau.

“Tujuan event ini guna menemukan bibit baru dari Kota Padang Panjang yang bisa diikutkan di tingkat provinsi dan nasional. Harapannya setelah ini, esports bisa lebih dikenal secara luas di kota ini. Di Padang Panjang sudah ada atlet PON Cabor esports,” jelasnya.

Adapun pemenang lomba pada divisi Mobile Legend, juara I Artex AUG A (Kota Bukittinggi), juara II Artex AUG B (Kota Bukittinggi), Juara III Blood ATYAB (Kota Padang).

Kemudian, divisi PUBG, juara I MIVEC GDVEW (Kabupaten Siak, Riau), juara II ESI Agam, juara III 7 Second Legend (Kota Pekanbaru, Riau).

Sedangkan pada divisi PES/e-Football, juara I G-Games atas nama Yantri Julian, juara II ATV Games (Edo Roberto), Juara III ATV Games (Edo Roberto).

(AL)

Pos terkait