Rasa Pedas Menambah Cita Rasa pada Gulai Baluik

Topsumbar | Sumatera Barat terkenal dengan makanannya yang kaya akan rempah-rempah, seperti dalam masakan gulai. Gulai biasanya didominasi oleh santan kelapa yang kemudian ditambahkan oleh bahan pendukung. Salah satu jenis gulai khas Sumatera Barat yang kaya akan rempah-rempah ialah Gulai Belut atau baluik. Gulai ini baluik biasanya disajikan dalam bentuk kuah yang kental dan memiliki rasa pedas yang khas.

Pembuatan gulai baluik dimulai dengan merebus baluik hingga matang, kemudian dicampur dengan bumbu rempah seperti lengkuas, kunyit, jahe, dan cabai merah. Adonan kemudian ditambahkan dengan santan kelapa dan diaduk hingga merata.

Gulai baluik itu sendiri cocok dijadikan sebagai makanan rumahan yang bisa dipadukan dengan beberapa jenis sayuran, seperti gulai baluik paku yang dipadukan dengan sayur pakis, gulai baluik jariang atau jengkol, dan gulai baluik lado mudo atau cabe hijau besar. Tidak hanya itu, ada juga gulai baluik yang dicampur dengan sayuran seperti nangka muda atau daun singkong untuk memberikan sensasi pada makanan ini.

Bacaan Lainnya

Baluik yang menjadi bahan dasar gulai tersebut mengandung protein yang baik untuk pertumbuhan dan perkembangan tubuh. Selain itu, santan kelapa yang digunakan juga mengandung lemak sehat yang baik untuk kesehatan tubuh dan jantung.

(Una)

Pos terkait