Randang Baluik, Salah-satu Varian Rendang dari Sumatera Barat

Top Sumbar | Selain kaya akan sumber daya alam dan sumber daya manusia, Sumatera Barat, khususnya Minangkabau, juga unggul dalam hal kuliner, hal tersebut dapat ditilik dari banyaknya ragam masakan Minang yang sudah teruji ketahanan dan publikasinya di masyarakat. Rasanya tak susah menemukan masakan Minang di manapun kita berada, bahkan di pulau lain dan negara lain pun masakan Minang tetap dapat ditemukan.

Salah-satu masakan andalan dari Sumatera Barat adalah rendang, masakan yang diolah sedemikian rupa hingga menimbulkan aroma yang khas, harum, dan menyegarkan tersebut disajikan bersama nasi yang sedang mengepul. Rendang yang biasa dimasak adalah daging sapi padu yang dipilih bagian paha atau tengkuk, atau rendang daging ayam yang juga sudah biasa ditemukan di rumah makan di manapun berada.

Namun ternyata ada satu varian rendang lain yang juga berasal dari Minangkabau, yaitu rendang belut atau randang baluik. Cara pengolahan dan sensasi yang didapatkan juga berbeda dari rendang lainnya yang sudah umum dikenal di tengah-tengah masyarakat.

Bacaan Lainnya

Untuk mengolah rendang belut, terlebih dahulu setelah dibersihkan belut akan dipanggang hingga gurih, baru kemudian dimasak dengan santan dan bumbu rendang lainnya hingga menguarkan aroma yang khas dan memanjakan lidah. Umumnya rendang belut ini ada di kabupaten Lima Puluh Kota dan sekitarnya, di sana rendang belut masih banyak ditemukan saat hari-hari besar seperti pesta perkawinan dan hari raya.

(Ris)

Pos terkait