KUR BRI atau Kupedes BRI, Mana yang Lebih Baik? Simak Masing-masing Syarat dan Ketentuannya

Ilustrasi KUR dan Kupedes BRI
Ilustrasi KUR dan Kupedes BRI (foto: Topsumbar)

Topsumbar – Bagi kamu yang sedang bingung ingin mengajukan pinjaman dimana, pilih saja Bank Rakyat Indonesia (BRI) produk KUR atau Kupedes.

Seperti yang diketahui, Kredit Usaha Rakyat (KUR) adalah salah satu program pemerintah yang disalurkan melalui BRI dengan limit maksimal Rp500 Juta.

Sementara Kredit Umum Pedesaan (Kupedes) merupakan program pinjaman yang hanya diadakan oleh BRI dengan cicilan kecil, nominalnya sampai Rp250 Juta.

Bacaan Lainnya

Mana yang lebih baik? tentu KUR BRI karena limit pinjamannya, 2 kali lipat lebih besar. Namun ada beberapa faktor lain yang harus kamu ketahui, seperti syarat dan ketentuannya.

Berikut, Topsumbar bandingkan syarat dan ketentuan pinjaman KUR BRI dan Kupedes BRI 2023 serta tabel angsurannya yang pada artikel ini, menjabarkan cicilan hingga Rp100 Juta saja.

Meskipun nominal pinjaman maksimal dari KUR adalah Rp500 Juta dan Kupedes Rp250 Juta, tapi pada artikel ini, hanya terlampir tabel angsuran dengan nominal terbesar Rp100 Jutaan.

Baca juga: Cair hingga Rp10 Miliar, Pinjaman BRI Tanpa Agunan Produk Briguna Karya, Begini Cara Pengajuannya

Syarat dan Ketentuan KUR BRI 2023

BRI menghadirkan 3 jenis KUR BRI yaitu Mikro, Ritel dan pembiayaan bagi TKI. KUR MIkro hanya memiliki nominal maksimal Rp25.000.000 saja, sama dengan KUR TKI.

KUR Pembiayaan bagi TKI, diperuntukkan bagi pekerja Indonesia yang akan menjual jasanya sebagai pembantu di luar negeri dan akan mendapatkan nominal maksimal Rp25.000.000.

Berbeda dengan KUR retail yang memiliki limit hingga Rp500.000.000, namun pada artikel ini hanya melampirkan tabel angsuran dengan limit Rp100.000.000 saja.

Terkait syarat dan ketentuannya yaitu harus merupakan warga negara Indonesia yang sedang produktif menjalankan bisnis dan memang layak menerima pinjaman dari program KUR.

Selain itu, usaha bisnis tersebut harus sudah berjalan selama 6 bulan minimal dan sedang tidak menjalani fasilitas KUR dari bank lain. Kemudian, siapkan beberapa dokumen di bawah ini.

  • KTP
  • KK
  • Surat Legalitas Usaha
  • Agunan seperti BPKB Motor
  • Isi formulir pengajuan

Pos terkait