Ada Tiga Arti Mimpi Menurut Pandangan Islam, Cek Mimpi Mana yang Sering Mendatangimu

Topsumbar – Dalam islam mimpi adalah suatu hal yang gaib, itulah alasan mengapa para Mubaligh (orang yang menyampaikan ajaran Islam baik secara lisan atau tulisan) melarang kita untuk , mencari Takwil (kegiatan menafsirkan sesuatu) mimpi.

Sebagai umat muslim tentunya Toppers juga memiliki rasa ingin tau apa arti dari mimpi itu. Islam memiliki tuntunan kepada umatnya dalam menyikapi mimpi, agar kita tidak terperosok pada sikap yang salah dan membawa akibat yang buruk.

Agar tidak menimbulkan kekeliruan, maka Toppers perlu tau bagaimana cara menyikapi mimpi itu dengan penuh kepasrahan dan menyerahkan segala apa yang terjadi nanti kedepan hanya kepada Allah SWT.

Bacaan Lainnya

Jika mimpi yang hadir adalah mimpi baik, maka sikapi dengan rasa syukur, dan jika tidak, maka Toppers tak perlu gundah ataupun was-was.

Di samping langkanya orang yang mengetahui seluk-beluk tafsir mimpi, penafsiran mimpi bisa sangat rentan keliru. Bahkan di zaman dahulu orang sekaliber Abu Bakar RA pun tak begitu pandai menakwilkan mimpi.

Namun, ada sebagian ‘ahli agama’ yang mengklaim dapat menakwil mimpi. Tujuan ialah untuk alat sebagai teropong masa depan atau ramalan apa saja yang terjadi di masa depan.

Mengutip dari berbagai sumber, dalam ajaran Islam, rupanya mimpi dikelompokkan menjadi tiga bagian dari Abu Hurairah ra, Nabi Muhammad SAW berkata:

“Mimpi itu ada tiga macam: bisikan hati, ditakuti setan, dan kabar gembira dari Allah.” (HR. Bukhari).

1. Mimpi kabar gembira
Mimpi ini datangnya dari Allah SWT dan mimpi ini hadir berupa kabar baik yang telah terbukti pada zaman kenabian.

Dari Abi Sa’id, Rasulullah bersabda:

“Mimpi yang baik adalah bagian dari empat puluh enam bagian kenabian.” (HR. Bukhari).

2. Mimpi berupa bisikan hati
Maksudnya ialah mimpi yang timbul akibat angan-angan sendiri atau memikirkan seseorang terlalu lama. Mimpi ini bisa terjadi disebabkan oleh dua hal tersebut, atau yang biasa disebut bunga tidur semata.

3.Mimpi yang berasal dari setan
Ini merupakan mimpi buruk. Sudah tugasnya sebagai setan untuk menggoda manusia, bahkan di dalam tidur pun setan masih bisa menggoda manusia sehingga sering terjadi mimpi buruk.

Namun, jika Toppers mengalami mimpi buruk, maka Toppers tak perlu risau dan tidak perlu menceritakan apalagi menafsirkan mimpi tersebut kepada orang lain.
Rasulullah SAW pun bersabda,

“Apabila setan mempermainkan salah seorang dari kalian di dalam tidur, maka janganlah dia menceritakannya kepada orang lain.” (HR Muslim).

Nah itulah beberapa pembahasan mengenai arti mimpi, jangan lupa berdo’a sebelum tidur ya toppers !

(MHF)

Pos terkait