10 Ide Lomba Perayaan 17 Agustus yang Seru dan Menarik

Topsumbar – Hari Kemerdekaan Indonesia adalah hari libur nasional di Indonesia untuk memperingati proklamasi kemerdekaan Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945. Yang merupakan deklarasi independensi bangsa Indonesia.

Makna kemerdekaan yang sesungguhnya adalah Kebebasan. Sebagai negara merdeka, Indonesia telah bebas dari segala bentuk penindasan dan penjajahan, bebas untuk menentukan nasib sendiri serta bebas menciptakan kehidupan berbangsa dan bernegara.

Perayaan ini selalu di gelar sekali setiap tahunnya untuk menghargai jasa para pahlawan yang telah bejuang untuk memerdekakan indonesia. Berbagai kegiatan dan antusiasme masyarakat dalam menyambut HUT kemerdekaan Indonesia.

Bacaan Lainnya

Inilah beberapa ide lomba 17 Agustus yang seru dan menarik untuk Toppers di rumah :

1.Panjat Pinang

Panjat pinang merupakan salah satu lomba yang selalu di nanti pada acara lomba 17 agustus-an, batang pohon pinang sudah dilumuri dengan oli bekas atau pelicin membuat para peserta kesulitan dalam memanjat nya. Lomba yang tidak mudah ini memerlukan kekompakan beberapa orang yang di haruskan memanjat batang pohon pinang untuk mendapatkan banyak hadiah menarik.

2. Tarik Tambang

Tarik tambang juga merupakan salah satu ikonik pada saat 17 agustus-an, pasalnya lomba yang satu ini tak pernah ketinggalan setiap tahunnya.

3. Makan Kerupuk

Lomba yang satu ini juga tidak pernah absen dalam hajat 17 an setiap tahunnya, meski peralatannya mudah di dapat, lomba makan kerupuk tetap berjalan seru dan meriah. Peserta di haruskan memakan kerupuk yang sudah digantungkan di tali dengan tangan yang menyilang di belakang punggung sambil sesekali panitia akan menghidupkan musik untuk menambah ke meriahan acara tersebut.

4. Balap Karung

Lomba balap karung juga tak kalah seru dari lomba sebelumnya, karena Toppers tidak bisa lari untuk mencapai garis finis, melainkan harus melompat-lompat menggunakan karung bagaikan pocong. Lomba ini mengharuskan peserta mencapai garis finis dengan menggunakan karung.

5. Gebuk Bantal

Gebuk bantal menjadi salah satu lomba yang cukup populer karena mengharuskan dua peserta beradu ketangkasan dan keseimbangan agar bisa memukul, menghindar, serta menjaga keseimbangan untuk menjadi pemenang.

6.Memasukkan Pensil/Paku ke Dalam Botol

Lomba satu ini biasanya banyak diikuti oleh anak-anak, pensil atau paku yang diikat dengan tali rafia ke perut peserta dan mereka di minta untuk memasukkannya ke dalam botol.
Hal yang menjadikan lomba ini seru dan meriah adalah para peserta harus membelakangi botol tersebut, sehingga membuat mereka kesulitan memasukkan nya ke dalam botol.

7.Balap Kelereng

Lomba yang satu ini terlihat mudah namun sebenarnya lomba ini cukup menantang karena Anda di haruskan menjaga keseimbangan hingga garis finish.

8.Joget Balon

Lomba ini cukup mudah dan murah meriah karena hanya memerlukan balon. Peserta yang dipasangkan harus berjoget mengikuti iringan musik sembari menahan balon yang diapit di kening atau jidat peserta.

9.Menangkap Belut

Lomba yang satu ini bisa menjadi pilihan ide lomba 17 Agustus yang unik. Nantinya, para peserta di haruskan menangkap belut dengan tangan kosong dan memindahkannya ke wadah lain. Namun, ada jarak antara satu wadah dengan yang lainnya dan peserta dilarang menjatuhkan belut tersebut. Jika terjatuh di perjalanan, maka peserta harus mengulang dari awal menangkapnya.

10. Estafet Tepung

Para peserta yang terdiri dari 5-7 orang akan berbaris dan mengoper tepung ke belakang secara estafet.

Peserta paling depan di setiap regu akan mendapatkan piring untuk menampung tepung di awal. Tepung tersebut di oper ke peserta lain di belakangnya tanpa balik badan, begitu seterusnya sampai peserta paling belakang. Nanti, setiap regu dengan jumlah berat tepung terbanyaklah yang akan jadi pemenangnya.

Itulah beberapa lomba yang sering digunakan dalam menyambut 17 agustus di Indonesia dan masih banyak jenis lomba lainnya. Toppers pernah cobain yang mana nih !
(MHF)

Pos terkait