Tempat Wisata di Kota Padang Terbaru, Termurah dan Rekomendasi di Waktu Libur

Sumber foto: (https://wisatasumatera.com)

Topsumbar — Memasuki libur panjang, bagi pecinta traveling Kota Padang menjadi salah satu tujuan wisata, apalagi bagi wisatawan yang sangat menyukai suasana pantai.

Bagi wisatawan yang sangat menyukai pantai dan tempat wisata terbaru, termurah, dan tempat lainnya, berikut Topsumbar rangkum sebagai berikut;

1. Pantai Padang

Bacaan Lainnya

Pantai Padang atau sering disebut dengan Taplau oleh orang Padang berada di pusat Kota Padang. Pantai Padang menjadi tempat terbaik untuk mengisi waktu liburan dan menghilangkan penat rutinitas sehari-hari.

Di Pantai Padang wisatawan dapat menikmati matahari yang perlahan-lahan turun berubah warna menjadi jingga serta menikmati waktu senja dengan ditemani kuliner yang enak-enak.

Bicara soal kuliner, Pantai Padang juga menyediakan berbagai pedagang makanan di warung-warung, tenda-tenda yang berjejer di tepi pantai, terutama di sepanjang Pantai Puruih ke depan Taman Budaya. Wisatawan bisa menikmati minuman dingin maupun makanan ringan. Selain itu, wisatawan kerap menjumpai pedagang keliling membawa dagangan seperti kacang rebus, telur rebus, sala lauk, rempeyek udang, keripik kepiting, dan makanan tradisional lainnya.

2. Jembatan Siti Nurbaya

Jembatan Siti Nurbaya merupakan salah satu ikon wisata di Kota Padang Sumatera Barat. Jembatan Siti Nurbaya merupakan jembatan besar yang berdiri di atas Sungai Batang Arau dan dekat dari Muaro Padang. Panjang jembatan kurang lebih 100 meter dengan panjang total dari ujung ke ujung sepanjang 600 meter. Jembatan ini juga menghubungkan Kota Tua Padang dengan Gunung Padang, tempat Siti Nurbaya dimakamkan.

3. Pantai Caroline

Pantai Caroline Padang atau Pantai Teluk Bungus menjadi bukti lain bahwa keindahan alam di Sumatera Barat tak perlu diragukan lagi. Pantai Caroline dulunya jarang dikunjungi dan memang dikenal sebagai sebuah pantai pribadi karena sepi oleh pengunjung. Namun saat ini Pantai Caroline telah berubah menjadi destinasi wisata andalan Padang bahkan masyarakat Sumatera Barat ramai berkunjung saat musim liburan.

Para pengunjung yang datang ke tempat ini bisa menyaksikan keunikan Pantai Caroline yang dikenal mempunyai garis pantai yang cukup unik yakni berbentuk seperti huruf W atau gambar hati. Cocok bagi wisatawan yang membawa drone ke pantai ini, maka bentuk pantai seperti hati pun bakal nampak jelas dari udara.

4. Pantai Pasir Jambak

Pantai Pasir Jambak terkenal dengan kecantikan alam yang membuat para pengunjung pantai ini sangat bahagia bisa menikmati keindahan yang tersaji oleh alam. Pantai Pasir Jambak merupakan salah satu destinasi wisata pantai yang menjadi primadona tersendiri bagi para pecinta keindahan pantai. Pantai ini hanya berjarak 17 KM dari pusat Kota Padang. Sehingga perjalanan dari kota yang tidak terlalu jauh dan cukup singkat untuk dapat menikmati keindahan laut pantai Pasir Jambak tersebut.

5. Pantai Air Manis dan Batu Malin Kundang

Bila sedang berkunjung ke Kota Padang, sempatkanlah untuk mampir ke Pantai Air Manis Padang untuk melihat keunikan Batu Malin Kundang. Pada dasarnya, Batu Malin Kundang merupakan sebuah relief batu berupa pecahan kapal dan seseorang manusia, yaitu Malin Kundang tertelungkup di bibir Pantai Air Manis.

Batu Malin Kundang merupakan bongkahan batu yang menggambarkan akhir hidup dari tokoh Malin Kundang, saudagar kaya yang saat kedatangannya ke kampung halaman mendapat kutukan karena menolak mengakui ibunya. Keberadaan Batu Malin Kundang telah mempopulerkan Pantai Air Manis, tempat latar legenda sebagai salah satu daya tarik wisata di Padang.

6. Pantai Nirwana

Pantai Nirwana merupakan tujuan yang tepat saat berkunjung ke Padang. Pantai Nirwana terletak di Pantai Barat Sumatera yang hanya berjarak sekitar 14 KM dari Kota Padang. Pantai yang cantik ini lokasinya tidak jauh dari Pelabuhan Teluk Bayur yang sudah terkenal akan keindahan alam nya sejak zaman kolonial Belanda menjajah negeri kita.

Dari Pantai Nirwana, wisatawan bisa menyaksikan kapal-kapal berlabuh maupun berlayar, baik kapal penumpang atau kapal dagang. Saat senja dan menjelang malam, keindahan Pantai Nirwana tidak kalah mempesona nya. Lampu-lampu kalap – kelip dan semua lampu yang menyala di pelabuhan Teluk Bayur terlihat sangat indah, mempesona dan membuat suasana di kawasan pantai menjadi sangat romantis.

7. Lubuak Rantiang

Lubuak Rantiang merupakan spot baru untuk berwisata di seputaran Koto Tangah, yaitu Sungai Bangek Kota Padang. Lokasinya tidak begitu jauh dari pemandian Sungai Bangek. Kira-kira sekitar 1 jam perjalanan, itu dikarenakan medan yang akan ditempuh masih sedikit sulit. Karena belum ada akses yang bagus dan belum populer yang tau tentang tempat ini.

8. Miniatur Mekkah

Disebut miniatur Mekkah karena kawasan ini merupakan masjid yang berfungsi sebagai kawasan Manasik haji. Namun masyarakat dan pemerintahan sekitar juga menjadikan masjid ini sebagai destinasi wisata religi di Kota Padang. Di kawasan masjid ini terdapat beberapa bangunan yang unik seperti miniatur ka’bah. Tak jarang orang-orang menyebutnya Mekkah mini. Untuk masuk kekawasan masjid ini cukup membayar 5000/orang.

9. Museum Adityawarman

Museum Adityawarman mulai dibangun pada tahun 1974 dan diresmikan pada tanggal 16 Maret 1977. Museum Adityawarman ini layak disebut sebagai ‘Taman Mini’ ala Sumatera Barat. Museum Adityawarman merupakan museum budaya terpenting di Sumatera Barat.

Museum Adityawarman tersebut berfungsi sebagai tempat menyimpan dan melestarikan benda bersejarah seperti cagar budaya. Museum Adityawarman ini terdapat seluk beluk kebudayaan khas Minang, mulai dari pakaian adat hingga alat-alat musik tradisional, letaknya berada di pusat Kota Padang.

10. Masjid Raya Sumatera Barat

Masjid Raya Sumatera Barat berhasil meraih penghargaan sebagai masjid dengan desain arsitektur terbaik di dunia dalam kompetisi Arsitektur Masjid Abdullatif Al Fozan tahun 2021, Masjid Raya Sumatera Barat selalu ramai dikunjungi selama bulan Ramadhan untuk beribadah sekaligus berwisata karena merupakan ikon wisata religi di Kota Padang.

(Han)

Pos terkait