Laga Indonesia Versus Argentina Sita Perhatian Dunia, Ketua PSSI: Sepak Bola Indonesia Bangun dari Tidur

Topsumbar — Pertandingan sepak bola Timnas Indonesia melawan Argentina sukses menyita perhatian dunia, dengan adanya pertandingan tersebut, dunia diharapkan melihat sepak bola Indonesia bangun dari tidur.

Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI), Erick Thohir menyampaikan dua hal utama yang ingin diangkat dari laga FIFA Matchday antara tim nasional Indonesia melawan tim nasional Argentina yang digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, pada Senin, 19 Juni 2023.

“Nomor satu, bagaimana dunia melihat sepak bola kita bangun dari tidur dan ini membuktikan dengan tim juara dunia mau hadir ke Indonesia,” ujar Erick Thohir di Stadion Utama Gelora Bung Karno sesaat sebelum pertandingan dimulai.

Bacaan Lainnya

Selain itu, pertandingan melawan juara dunia sepak bola tiga kali tersebut juga dimaksudkan sebagai bagian untuk mempersiapkan mental tim nasional sepak bola Indonesia dalam menghadapi laga-laga lainnya.

“Ini bagian dari kita tes nyali, tes mental untuk supaya tim nasional kita siap karena tahun ini kan ada pertandingan juga kualifikasi Piala Dunia 2026. Walaupun target kita 2038, tapi kan siapa tahu, kita coba yang terbaik,” jelasnya.

Hal kedua, lanjut Erick, dengan adanya pertandingan melawan Argentina diharapkan bisa meningkatkan rasa nasionalisme masyarakat. Menurut Erick, nasionalisme bisa dibangun karena adanya kesatuan dalam mendukung Merah Putih.

“Ini terbukti, (suporter) ada dari Madura, ada dari Singkawang, ada dari Sumatra, Solo, Jawa, kita bersatu, tidak melihat suku, agama, yang ada cuma Merah Putih. Nah itu nasionalisme hanya bisa dibangun karena Merah Putih,” jelasnya.

Erick juga bersyukur dengan tingginya antusiasme masyarakat atas pertandingan sepak bola ini. Ia pun berharap industri olahraga Indonesia bisa bangkit, disertai raihan prestasi yang juga membaik.

“Saya rasa antusiasme luar biasa dan inilah yang kita harapkan bahwa industri olahraga kita bangkit, tetapi prestasi kita juga harus membaik,” tandasnya.

Presiden Joko Widodo Nonton Langsung di GBK

Sebelum pertandingan berlangsung, tampak hadir Presiden Joko Widodo bersama Ibu Iriana tiba di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK) pada pukul 18.55 WIB untuk menyaksikan FIFA Matchday antara Timnas Indonesia melawan Timnas Argentina.

Tampak menyambut kedatangan Presiden, Menteri Pemuda dan Olahraga Dito Ariotedjo, Ketua Umum PSSI Erick Thohir dan Ibu Liza Thohir.

Turut juga menyaksikan pertandingan tersebut, Ketua MPR Bambang Soesatyo, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo, Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia, Pj. Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono, dan Wakil Ketua Umum PSSI Zainudin Amali.

(Han)

Pos terkait