Kabar Bahagia! Ini 6 Daftar Bansos yang Cair Juni 2023, Cek Namamu, Begini Caranya

Ilustrasi uang bansos. (Foto: Pixabay)
Ilustrasi uang bansos. (Foto: Pixabay)

Topsumbar – Kabar bahagia bagi masyarakat yang sudah menunggu-nunggu bantuan sosial (bansos) pada bulan Juni 2023, karena pencairannya sudah dimulai.

Ada 6 daftar bansos yang disebut cair pada bulan Juni 2023 seperti dikutip dari berbagai sumber, namun terdapat beberapa ketentuan seperti pencairannya yang bertahap.

Di antaranya BLT (Bantuan Langsung Tunai) Kemiskinan Ekstrim, Kartu Prakerja dan PIP serta PKH hingga BPNT.

Bacaan Lainnya

Seperti yang diketahui, bahwa pemerintah sedang gencar-gencarnya memberi bantuan pada masyarakat dengan cara menambah hutang negara, dikutip dari Detik Finance.

“Sekitar Rp5.125,1 triliun selama 2015-2022 saat periode Pemerintahan Jokowi dipergunakan untuk Bansos,” kata Staf Khusus Menteri Keuangan Yustinus Prastowo.

Berikut 6 daftar bansos yang cair pada Juni 2023 yaitu BLT Kemiskinan Ekstrim, Prakerja, PIP, PKH, BPNT. Segera login Kemensos.co.id dan cek namamu sekarang.

Baca juga: Update! Info Bansos PKH dan BPNT Juni 2023, Cek Daftar Penerimanya di Sini

6 Daftar Bansos Cair Juni 2023

1. BLT Kemiskinan Ekstrim 

BLT berasal dari Anggaran Dana Desa (ADD) yang menyasar warga miskin, penamaannya diubah dari BLT Dana Desa menjadi BLT Kemiskinan Ekstrim sejak pandemi Covid-19.

Ketentuan BLT berbeda dengan bansos lain karena untuk mendapatkannya, kamu tidak harus terdaftar dalam pendataan DTKS (Data Terpadu Kesejahteraan Sosial) seperti PKH ataupun BPNT.

2. Kartu Prakerja 

Pendaftaran Kartu Prakerja gelombang 54 baru saja tutup pada 5 juni 2023 pukul 23.59 WIB, maka pencairan segera dilakukan bagi nama-nama yang telah diterima usai melakukan pelatihannya.

Bagi kamu yang sudah diterima sebagai penerima Prakerja gelombang 54, segera daftarkan rekening bank mu. Selanjutnya, kamu akan diberi uang non-tunai untuk membeli pelatihan.

Setelah menyelesaikan pelatihan, baru lah uang Rp600.000 perbulan selama 4 kali akan kamu dapatkan. Bahkan, ada nominal pengerjaan survey sebesar Rp50.000 dengan menyelesaikan 2 survey.

Daftar bansos lainnya dapat diketahui dengan akses laman kedua artikel ini, klik opsi ‘Selanjutnya’. Sebelum itu, klaim dulu DANA Kaget hari ini.

Pos terkait