Cara Mengolah Daging Sapi dan Kambing Agar Tidak Amis dan Empuk Saat Dimakan

Topsumbar — Memasak daging sapi menjadi berbagai olahan seperti rendang, sate, gulai, Asaman dan olahan lainnya butuh keahlian khusus. Untuk memasak daging sapi supaya lezat juga memerlukan teknik khusus supaya bau tak sedap dari daging bisa dihilangkan.

Memasuki hari Raya Idul Adha 1444 H/ 2023 M, pemotongan hewan kurban pun tak luput dari aktivitas masyarakat. Ibadah hewan kurban kambing atau sapi disunahkan bagi Muslim yang mampu.

Jadi saat hari raya Idul Adha, banyak penduduk yang bakal mendapatkan daging untuk diolah menjadi masakan yang lezat, baik daging sapi maupun daging kambing.

Bacaan Lainnya

Berikut cara untuk menyingkirkan bau amis dari daging sapi atau kambing:

1. Jangan Dicuci

Mencuci daging kurban, justru mengakibatkan bau amis atau prengus makin kuat sebab bakteri di dalam daging makin banyak. Jika menyimpan daging kurban, dibersihkan terlebih dahulu bagian yang kotor dengan cara dilap dengan kain bersih atau tisu dapur.

2. Langsung Diolah

Saat mendapat daging sapi, sebaiknya segera diolah tanpa dicuci terlebih dahulu. Pasalnya membasuh daging ternyata sanggup mengikis nutrisi yang terdapat di dalamnya. Sebelum mengolah daging, potong terutama dahulu anggota lemaknya bisa dibuang, sebab menyebabkan bau amis yang kuat. Potong daging searah sama dengan serat daging tersebut.

3. Rebus Sebelum Diolah

Cara lain untuk menyingkirkan bau dan membersihkan daging adalah dengan merebus sebelum diolah. Rebus daging sapi bersama air mendidih. Kemudian, membuang air rebusan daging kurban sehabis air berubah menjadi keruh dan keluar buih di permukaan air tersebut. Setelah itu, ganti air yang baru, lalu rebus lagi daging kurban agar mendapatlan kaldu pertama dari daging sapi tersebut.

4. Gunakan Nanas

Buah nanas sanggup menyingkirkan bau amis pada daging sapi. Caranya lumayan melumuri daging bersama irisan atau parutan buah nanas. Kegunaan dari buah nanas juga sanggup menyebabkan daging lebih empuk pas dimasak.

5. Gunakan Daun Pepaya

Tak hanya menyingkirkan bau amis, daun pepaya juga bisa menyebabkan daging sapi lebih empuk. Caranya, cukup membungkus daging bersama daun pepaya secukupnya, diamkan sepanjang 15 sampai 20 menit.

6. Gunakan Daun Jambu Klutuk

Daun jambu klutuk sanggup digunakan untuk menyingkirkan bau amis pada daging sapi. Daun jambu tersebut diremas-remas seiring bersama daging, sesudah itu diamkan 15 sampai 20 menit.

(Han)

Pos terkait