Berat 1 Ton Lebih, Sapi Asal Padang Panjang Dipilih Jadi Sapi Kurban Jokowi di Sumbar

Topsumbar – Seekor sapi asal Kota Padang Panjang, milik Aipda Eko Setiawan akan dibeli Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk hewan kurban Iduladha 1444 H di Provinsi Sumatera Barat (Sumbar).

Sapi jantan jenis Limousin Cross dengan ciri warna coklat dan corak hitam mempunyai bobot berat 1.080 kg ini (1 ton lebih, red) , diperkirakan mempunyai harga mencapai Rp100 juta.

Kepala Dinas Pangan dan Pertanian (Dispangtan) Kota Padang Panjang, Ade Nafrita Anas, mengatakan dua atau tiga hari ke depan, Staf Kepresidenan akan turun langsung ke Padang Panjang untuk melakukan pemeriksaan, penimbangan serta akad terhadap sapi yang diusulkan Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Sumatera Barat ini.

Bacaan Lainnya

“Sapi ini sudah diseleksi beberapa kali sejak sebulan lalu,” kata Ade saat meninjau peternakan sapi tersebut di Kelurahan Koto Katik, Senin (19/6/2023), dikutip dari laman Kominfo Padang Panjang, Selasa (20/6/2023).

Ade menyebutkan, sejak dinyatakan terpilih, hingga saat ini perawatan dan pengawasan yang intens terus dilakukan Dispangtan dan instansi terkait baik provinsi maupun dari pusat.

“Nantinya baru kemudian dibawa ke Masjid Raya Sumbar untuk dikurbankan,” sebutnya.

Pihaknya berharap, kesuksesan Eko ini dapat menjadi motivasi bagi peternak lainnya di Padang Panjang

“Ini merupakan sapi yang dibudidayakan sendiri oleh peternak kita. Mudah-mudahan bisa jadi contoh, dengan populasi yang terbatas kita bisa juga menghasilkan sapi yang unggul di Padang Panjang,” harapnya.

Sementara Eko yang merupakan personel KSPK Unit 2 Polsek Padang Panjang ini mengaku membeli sapi tersebut dua tahun lalu di Pasar Ternak Koto Baru  Kecamatan X Koto, Kabupaten Tanah Datar.

“Dulu dibeli masih bujang. Tidak ada rahasia khusus untuk merawatnya, yang terpenting kita disiplin dalam waktu pemberian makan,” ungkap peternak yang memiliki 40 ekor sapi ini.

(AL)

Pos terkait