Tanpa Bunga, Pinjaman KUR BSI 2023 bisa Cair hingga Rp500 Juta, Ini Tabel Angsurannya

Bank BSI
Ilustrasi Bank BSI

Topsumbar – Sama seperti bank lainnya, Bank Syariah Indonesia (BSI) yang mencakup semua jenis layanan syariah, juga menyediakan pinjaman Kredit Usaha Rakyat (KUR).

BSI menaungi semua layanan Bank Mandiri Syariah, BNI Syariah dan lainnya. Slogan syariah tersebut, akan menghindari perilaku riba dengan mengganti pembayaran bunga.

KUR BSI 2023 menetapkan pembayaran bunga kepada penghutang sebesar 6% dari total pinjaman, namun metode pelaksanaannya diganti dengan penyaluran keuntungan akad Ijarah, Murabahah, maupun MMQ.

Bacaan Lainnya

Akad Ijarah, memungkinkan terjadinya kesepakatan antara peminjam dan penghutang dengan adanya penambahan keuntungan yang disepakati oleh kedua belah pihak di awal transaksi.

Berbeda dengan Murabahah, berupa perjanjian pemindahan barang atau jasa melalui pembayaran upah sewa di akhir transaksi.

Sementara MMQ, menetapkan aturan terkait kerjasama tersebut dengan pengurangan terhadap hak milik satu pihak yang dialihkan pada penambahan kepemilikan hak lainnya.

Baca juga: Pinjaman KUR BRI bisa Cair hingga Rp100 Juta, Ini Syarat Pengajuan dan Tabel Angsurannya

Secara garis besar, KUR BSI 2023 tetap menetapkan aturan bunga. Hanya beda namanya saja, terkait nominal akad Ijarah, Murabahah, maupun MMQ juga diakumulasikan sesuai kesepakatan awal yaitu 6%.

Tapi dalam Islam, penggunaan akad tersebut bernilai halal dan menghindari perilaku riba secara umum karena adanya perjanjian tertulis dalam proses jual beli terkait.

Sebelum mengetahui daftar brosur KUR BSI 2023, simak dulu beberapa syarat dan pengajuan hingga jenis-jenisnya serta ketentuan persyaratan dokumen di bawah ini.

Syarat dan Dokumen KUR BSI 2023

  • WNI paham hukum
  • Usia Minimal 21 tahun atau telah menikah
  • Usaha minimal telah berjalan 6 bulan
  • Copy KTP nasabah dan pasangan
  • Copy Kartu Keluarga/akta nikah
  • Legalitas usaha nasabah minimal dari kelurahan
  • Copy NPWP (bagi pinjaman KUR di atas Rp 50 juta)
  • Fotokopi dokumen agunan (bagi KUR Kecil).

Setelah mengetahui syarat dan ketentuan tersebut, ketahui bahwa ada 3 jenis KUR yang ditawarkan BSI pada 2023 yaitu BSI KUR Super Mikro: Rp 5 – 10 juta dan BSI KUR Mikro: Rp 10 – 50 juta serta BSI KUR Kecil: Rp 50 – 500 juta.

Sebelum lanjut ke halaman berikutnya, klaim dulu DANA Kaget terbaru hari ini.

Pos terkait