Disdukcapil Kembali Luncurkan Inovasi Baru

TOPSUMBAR –  Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) kembali ciptakan inovasi baru yang diberi nama Dukcapil Bermitra.

Plt Kabid PIAK dan PD Disdukcapil, Windo A. Rezzo, S.Kom, M.Si menyampaikan kepada Kominfo, Kamis (4/5), Dukcapil Bermitra ini merupakan akronim dari Dukcapil memberikan Pelayanan Administrasi Kependudukan hingga Kawasan Perumahan. Inovasi ini dilaksanakan melalui kerja sama dengan pengurus RT sebagai mitra Disdukcapil yang akan membantu masyarakat dalam pengurusan dokumen kependudukannya.

“Kemarin sudah kita laksanakan pembekalan kepada 24 ketua RT di Kelurahan Kampung Manggis, Kecamatan Padang Panjang Barat” kata Rezzo.

Tujuan inovasi di antaranya meningkatkan kualitas pelayanan sdministrasi kependudukan dengan memperbanyak pilihan pelayanan. Sebagai upaya meningkatkan kepemilikan dokumen kependudukan. Mengoptimalkan pelaksanaan tugas dan fungsi pengurus RT. Meminimalkan biaya bagi pengurus RT yang kerap membantu masyarakat dalam mengurus dokumen kependudukan dan mengoptimalkan inovasi yang sudah ada, seperti Paduko dan Laskar Dukcapil.

Dikatakan Rezzo, kegiatan ini merupakan upaya untuk menambah pilihan bagi masyarakat untuk mengurus dokumen kependudukannya.

Tidak hanya itu, melibatkan pengurus RT sebagai Mitra Dukcapil juga akan mengembalikan marwah pengurus RT dalam hal pengurusan dokumen kependudukan. Karena dengan menjadi mitra, perangkat RT bisa lebih proaktif untuk menertibkan administrasi kependudukan di wilayahnya terutama dalam hal mutasi penduduk.

“Kelurahan Kampung Manggis adalah kelurahan pertama yang menjalankan inovasi Dukcapil Bermitra. Kita berharap warga Kampung Manggis dapat menggunakan layanan Dukcapil Bermitra ini dalam pengurusan dokumen kependudukannya,” harap Rezzo.

Sementara itu Lurah Kampung Manggis Akbar Syahnan, S.AP sangat menyambut baik inovasi ini. Karena warga lebih dipermudah dalam melakukan pelayanan administrasi kependudukan.(AL)

Pos terkait