Kecelakaan di Bintungan Panyalaian Tanah Datar: Truk Hantam 7 Kenderaan, 1 Rumah, 15 Korban, dan 1 Tewas di TKP

Padang Panjang | Topsumbar-  Sebuah truk pengangkut alat berat terlibat kecelakaan di jalan raya Bintungan, Nagari Panyalaian, Kecamatan X Koto, Kabupaten Tanah Datar, (wilayah hukum polres Padang Panjang, red), Minggu, (9/4/2023).

Dalam tragedi kecelakaan yang terjadi sekira pukul 12:00 WIB tadi, truck dengan nopol B 9178 DU itu, menghantam satu rumah percetakan batako milik warga, beberapa kendaraan yang melintas, dan beberapa orang pejalan kaki.

Dilaporkan satu korban tewas di tempat kejadian peristiwa (TKP).

Bacaan Lainnya

TKP merupakan jalan nasional penghubung Padang- Padang Panjang- Bukittinggi.

Kasat Lantas Polres Padang panjang Iptu Aldy Lazzuardy dalam keterangan tertulis yang dibagikan Paur PBM Humas Polres Padang Panjang, Bripka Ciputra juga diterima Topsumbar.co.id menjelaskan kronologi  sebelum kejadian kecelakaan lalu lintas.

Disebutkan Aldy, ttruck yang mengangkut alat berat datang dari arah Bukittinggi menuju arah Padang Panjang.

Ketika tiba ditempat kejadian kendaraan truk nopol B 9178 DU remnya tidak berfungsi sehingga menyebabkan kendaraan hilang kendali.(out control).

Akibatnya kendaaan Truck B 9178 DU menabrak beberapa kendaraan di depannya, antara lain minibus Kijang BA 1828 PE, minibus XENIA BA 1098 FM, sepeda motor B 3344 CLZ, Minibus Carry BA 1482 NF,  Toyota Kijang Pick Up tanpa nopol, Kijang Super BA 1739 EN dan Sepeda Motor BA 3646 YA.

Truk juga menabrak 1 (satu) rumah tempat percetakan bahan bangunan batako, kemudian truk juga menabrak pejalan kaki sebanyak empat orang.

“Peristiwa naas ini menyebabkan 15 (lima belas) orang menjadi korban,  1 (satu) korban di antaranya Meninggal Dunia di TKP, 13 luka ringan dan 1 orang luka berat,” ungkap Aldy.

Ia mengatakan untuk korban kecelakaan telah di bawa ke  RSUD Kota Padang Panjang dan RS Ibnu Sina YARSI  Padang Panjang guna mendapatkan perawatan medis,

Sementara satu orang korban di rujuk ke RSUP M. DJamil Padang karena luka yang di alami cukup serius.

“Saat ini personil kami masih di lokasi kejadian untuk mengamankan TKP dan proses evakuasi kendaraan yang terlibar laka serta melakukan pendataan terhadap para korban kecelakaan yang masih di rawat di rumah sakit setempat,” tutup Aldy.

Sebelumnya, akhir maret lalu, persisnya Kamis (30/3/2023), tidak jauh dari lokasi kejadian ini, juga terjadi tabrakan beruntun melibatkan lima kenderaan dan tiga rumah warga.  Beruntung dalam tabrakan beruntun ini tidak ada korban jiwa.

https://www.topsumbar.co.id/2023/03/lagi-tabrakan-beruntun-di-bintungan-panyalaian-tanah-datar/

Sebelumnya lagi, Kamis, (26/1/2023) lalu tabrakan beruntun juga terjadi di Jl.Raya Padang Panjang – Bukittinggi, Jorong Pasar Rabaa Nagari Panyalaian Kecamatan X Koto Kabupaten Tanah Datar (Wilayah hukum polres Padang Panjang, red).

Saat itu, kecelakaan melibatkan 9 (sembilan) kenderaan dan tiga korban tewas.

https://www.topsumbar.co.id/2023/01/tabrakan-beruntun-di-pasar-rabaa-libatkan-9-kenderaan-3-meninggal-9-luka-luka/

(AL)

Pos terkait