Kolam Ikan Otomatis Karya Santri Diniyyah Puteri Juara I TTG Tingkat PPB

TOPSUMBAR – Kolam ikan otomatis karya Santri Kelas IX MTsS DMP Diniyyah Puteri berhasil meraih juara I Lomba Teknologi Tepat Guna (TTG) Tingkat Kecamatan Padang Panjang Barat (PPB), Rabu (25/1).

Informasi ini disampaikan Humas Diniyyah Puteri kepada Kominfo, Jumat (27/1). Produk Automatic Fish Keep (Kolam Ikan Otomatis) merupakan karya dari Puti Arrayyan dan Keysa Anandita Putri.

Automatic Fish Keep ialah rancangan kolam ikan yang berada di luar ruangan untuk membantu peternak ikan memberi makan secara otomatis dengan rentang waktu tertentu dan dilengkapi lampu untuk pencahayaan.

Kelebihan alat ini, memudahkan peternak ikan mengatur jadwal pemberian

pakan ikan serta kontrol pencahayaan kolam dengan teknologi hemat energi.

Di pagi dan siang hari lampunya akan mati. Jika mulai gelap lampu akan menyala secara otomatis, menggunakan sumber energi listrik dari cahaya matahari yang bisa disimpan dalam sebuah baterai, sehingga dapat menghemat energi listrik dari PLN.

Dengan menggunakan komponen utama sensor LDR dan software Arduino, pengerjaan alat ini berlangsung selama kurang lebih satu minggu mulai dari pencarian ide, merancang, pembuatan dan pengujiannya.

Pada lomba tersebut MTsS DMP Diniyyah Puteri juga mengutus dua tim lain yang menampilkan karya Alat Pendeteksi Telur (dapat menentukan mana telur yang masih baik dan sudah busuk) dan Alat Pengatur Suhu Ruangan Otomatis.(AL)

Pos terkait