Guspardi Gaus Apresiasi Silaknas-Mubeslub IKA Thawalib

Padang Panjang – Topsumbar – Ketua Pembina Yayasan Thawalib Padang Panjang memberikan apresiasi kegiatan Silaturrahmi Nasional dan Musyawarah Besar Luar Biasa (Silaknas-Mubeslub) IKA Thawalib, karena kegiatan tersebut bermakna positif dalam organisasi alumni Thawalib.

Dengan peserta Silaknas-Mubeslub IKA Thawalib dari para alumni dari seluruh daerah di Imdonesia dengan beraneka faham profesi dan pekerjaan alumni Thawalib adalah potensi besar dalam organisasi IKA Thawalib.

Hal tersebut disampaikan Guspardi Gaus ketika membuka secara resmi acara Silaknas-Mubeslub IKA Thawalib pada Kamis malam 3 Maret 2022 di Mifan Water Park, Padang Panjang.

Bacaan Lainnya

Di depan peserta Silaknas-Mubeslub yang dihadiri Ketua Umum Yayasan Thawalib Dr Abrar, M. Ag, Kepala Kantor Kemenag Padang Panjang Alizar Can serta para alumni dari berbagai daerah itu, Guspardi Gaus menyampaikan berapa pentingnya organisasi IKA sebagai tempat berhimpun nya para alumni.

“Dengan adanya kegiatan Silaknas-Mubeslub ini harapan kita terjalin persatuan di kalangan alumni Thawalib, ” ujar Guspardi Gaus yang juga anggota DPR RI, dilansir Topsumbar.co.id dari keterangan tertulis sekretaris umum yayasan Thawalib, Irwan Natsir.

Selain memberian apresiasi terhadap penyelengaraan Silaknas-Mubeslub IKA, Guspardi Gaus juga berpesan agar proses pergantian kepengurusan IKA Thawalib dilakukan secara baik. Sebab selama ini proses pergantian Ketua Umum tersebut dapat dilakukan dengan baik.

Dalam kesempatan itu, Guspardi Gaus juga menyampaikan bagaimana perkembangan Yayasan Thawalib saat ini yang dikelola mengacu kepada UU Yayasan serta anggaran dasar Yayasan Thawalib.

“Upaya pembenahan dan perbaikan terus dilakukan jajaran pengurus Yayasan Thawalib dengan memperhatikan ketentuan yang sudah ditetapkan, ” katanya.

*Agenda Kegiatan*

Meski langkah pembenaran dan perbaikan dalam memajukan Perguruan Thawalib terus dilakukan namun diakui perubahan sesuai dengan diinginkan belum bisa terpenuhi semuanya mengingat penataan dan perbaikan memerlukan proses waktu.

Apalagi pengurus Yayasan Thawalib saat ini adalah meneruskan masa kepengurusan sebelumnya.

“Apa yang dilakukan yayasan saat ini sudah sesuai dengan arah dan kebijakan yg ditetapkan meski untuk memenuhi harapan berbagai pihak masih perlu di tingkat kan, ” katanya.

Sementara Ketua Umum Yayasan Thawalib Dr Abrar, M. Ag secara terpisah mengatakan pihak yayasan menyambut baik kegiatan Silaknas-Mubeslub IKA Thawalib.

“Yayasan menyambut baik diadakannya kegiatan Silaknas-Mubeslub IKA Thawalib dan yayasan memberikan kontribusi kesuksesan penyelenggaraan kegiatan tersebut, ‘ ujarnya.

Kata Abrar, keberadaan alumni di seluruh daerah yang berhimpun dalam organisasi IKA Thawalib tentu modal sosial yang akan memberikan kontribusi positif bagi almamater Thawalib dengan adanya masukan, gagasan dan pemikiran konstruktif dalam memajukan Perguruan Thawalib.

Sedangkan Ketua Penyelenggara Silaknas-Mubeslub IKA Thawalib Yasrif Yakub Tambusai mengatakan kegiatan ini dengan ada agenda yakni penyusunan anggaran dasar IKA Thawalib serta memilih kepengurusan IKA.

” Dengan diadakannya kegiatan Silaknas-Mubeslub tanggal 3-5 Maret dengan agenda yang sudah tetapkan yakni penyusunan anggaran dasar serta pemilihan pengurus IKA Thawalib, ” ucapnya.

Sebelumya juga telah diberitakan Topsumbar.co.id, tujuan digelarnya Silatnas dan Mubeslub IKA Thawalib adalah untuk merajut persatuan dan kebersamaan.

“Melalui Silatnas ini kita ingin merajut persatuan dan kebersamaan. Kita mulai dengan merajut hati lebih dulu, kita bertemu langsung, duduk bersama, semua secara kekeluargaan dan dengan niat hati yang lurus, yang lapang. Baru kita mulai musyawarah untuk membentuk kepengurusan IKA Thawalib kedepan,” ujar Yasrif yang menyebutkan ia alumni Thawalib 1986.

Pantauan Topsumbar.co.id dari arema Silatnas dan Mubeslub IKA Thawalib, tampak terpancar rona kebahagiaan dari wajah peserta yang kembali lagi saling bertemu setelah sekian lama berpisah oleh perbedaan daerah asal.

(Alfian YN)

Pos terkait